Text
penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan
Kata kunci: permainan puzzle, kognitif.
Permainan puzzle merupakan salah satu alat permainan edukatif yang digunakan
dalam proses pembelajaran dalam mengembangka aspek-aspek perkembangan anak, salah
asatu aspek penting yang perlu dikembangkan yaitu aspek kognitif. Kognitif adalah
kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berpikir, penalaran, pemecahan masalah, dan
kegiatan yang mengakibatkan anak memperoleh pengetahuan baru karena rasa ingin tahunya.
Bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar dalam
pemecahan masalah dengan memasangkan bagian-bagian puzzle, anak juga dapat mengenal
warna, bentuk, ukuran, angka, dan huruf.
Maka berdasarkan hal tersebut, ada dua pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu pertama penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan
kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan, kedua manfaat permainan
puzzle dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya
Pamekasan.
Metode penelitian yang digunaka dalam penelitianm ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah
untuk dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan,
dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru TK PKK
Nyalabu Daya Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan puzzle pada anak dapat
menstimulasi perkembangan kognitif anak seperti mengenal warna, bentuk, ukuran, angka
dan huruf, anak bisa berpikir nalar dan memecahkan masalah. Kemampuan kognitif anak
berkembang menjadi lebih baik lagi dengan diterapkannya permainan puzzle pada saat proses
pembelajaran di dalam kelas berlangsung.
Tidak tersedia versi lain