Text
Pengaruh Teknik Self-Management Terhadap Kemandirian Siswa Di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan,
Kata Kunci : Pengaruh Teknik Self Management, Kemandirian Siswa
Latar belakang diadaknnya penelitian ini karena adanya pengaturan diri
yang rendah pada siswa, hal tersebut apabila tidak teratasi akan menghambat pada
laju kemandirian siswa serta akan menurunnya minat siswa dalam belajar.
Kemandirian pada siswa disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal.
Maksud dan tujuan dilakukannya penelitian ini yakni bisa mengetahui secara jelas
pengaruh teknik self manajemen terhadap kemandirian siswa di MA Sumber
Bungur Pakong Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi acuan
bagi peneliti dalam penelitian ini, yakni: pertama, Bagaimana gaambaran perilaku
kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Kedua, apa saja
faktor pendukung dang penghambat kemandirian siswa di MA Sumber Bungur
Pakong Pamekasan?. Ketiga, Bagaimana Pengaruh Teknik self-management
terhadap kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan metode pendektan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data diperoleh dari wawancara semi
terstruktur, observasi non partisipan, serta menggunakan dokumentasidokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian
ini meliputi reduksi data dan penyajian data serta penaarikan kesimpulan.
Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan memperpanjang
keikut sertaan, ketekunan pengamatan serta dengan menggunakan triangulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, siswa yang memiliki
perilaku kemandirian yang rendah biasanya sering malas, sering keluar kelas saat
jam pelajaran bahkan sampai sering bolos sekolah, sebaliknya siswa yang
memiliki perilaku kemandirian yang tinggi cenderung berperilaku aktif dalam
semua hal. Kedua, Faktor pendukung perilaku kemandirian siswa dipengaruhi
oleh penyediaan berbagai fasilitas madrasah seperti ruang kelas yang sudah
dilengkapi smart TV, perpustakaan, ruangan BK, laboratorium dan lain
sebagainya. Selain itu, pergaulan yang baik dan guru yang bisa menguasai kelas
juga menjadi faktor pendukung kemandirian siswa, sebaliknya jika guru tidak bisa
menguasai kelas, pergaulan siswa yang kurang baik, dan mood siswa yang rendah
untuk belajar maka akan menjadi penghambat siswa untuk berperilaku mandiri.
Ketiga, penerapan layanan manajemen diri ini memiliki pengaruh yang positif dan
juga efektif dalam bantu siswa yang awalnya sering malas belajar, dan produktif,
serta belum bisa berperilaku mandiri agar kemudian siswa tersebut berperilaku
secara mandiri.
Tidak tersedia versi lain