Text
Peran Guru dalam Mengatasi Anak Introvert di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru, Introvert, Anak Usia Dini
Tidak bisa dipungkiri bahwasannya dalam suatu lembaga pendidikan
karakteristik keperibadian antar anak berbeda-beda. Ada yang berkeperibadian
introvert dan ada juga yang berkepribadian ekstrovert. Oleh karena itu, peran guru
dalam suatu lembaga pendidikan sangatlah penting dimana dalam suatu pendidikan
guru berperan sebagai tenaga pengajar, pembimbing serta sebagai tenaga pembina
sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami anaknya
guru di sekolah akan memungkinkan teratasinya suatu masalah termasuk masalah
anak berkenaan dengan anak yang berkepribadian introvert. Berdasarkan
permasalahan di atas maka ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama,
Bagaimana gambaran mengenai kepribadian anak introvert di TK A Tanwirul
Qulub Pamekasan?. Kedua, Bagaimana langkah-langkah guru dalam membantu
kesulitan anak berkepribadian introver di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik
pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Lokasi penelitian di lembaga TK Tanwirul Qulub dengan subjek penelitian adalah
kepala sekolah dan guru kelas A. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran mengenai kepribadian
anak introvert di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan yaitu: anak cendrung pendiam
tidak banyak bicara di dalam kelas, komunikasi dengan teman sebayanya terbatas,
memiliki teman yang sedikit dikarenakan anak introvet kurang bergaul, memiliki
sifat pemalu dan juga rewel serta kurang percaya diri serta suka bermain sendiri di
dalam kelas. Adapun langkah-langkah guru dalam membantu kesulitan anak
berkepribadian introver di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan yaitu: memahami
karakteristik dari anaknya di TK Tanwirul Qulub Pamekasan, melakukan
pendekatan secara personal, Memberikan waktu kepada anak untuk beradaptasi,
mendorong si anak berani tampil di depan kelas, memberikan kesempatan untuk
mengeksplor hobi dan potensinya, Melibatkan anak dalam kelompok kecil ,
mengajak anak melakukan suatu interaksi sederhana, memberikan apresiasi dan
pujian serta menjalin hubungan baik dengan orang tua anak introvert
Tidak tersedia versi lain