Text
Dampak Penggunaan Gadget Bagi Siswa di SMAN 2 Pamekasan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Dampak Penggunaan Gadget
Ada dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimana dampak penggunaan gadget bagi siswa di SMAN 2 pamekasan? 2) Apa
saja faktor yang mempengaruhi dampak penggunaan gadget bagi siswa di SMAN
2 pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data dalam ini menggunakan teori psikologi sosial yang
dikembangkan oleh Roy f. Menurutnya berdasarkan unsur kontrol diri perilaku
dibagi menjadi empat unsur yaitu kontrol emosi, pikiran, implusif, dan performa.
Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Teknik perpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan
referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dampak penggunaan gadget bagi
siswa di SMAN 2 pamekasan yaitu untuk Dampak positif dari penggunaan gadget,
siswa mampu mendapatkan informasi dan komunikasi dengan mudah sedangkan
dampak negatifnya dari penggunaan gadget ialah pada saat jam pelajaran gadget
bisa mengganggu konsentrasi belajar siswa sehingga dapat berpengaruh terhadap
perilaku belajar siswa dan mengganggu proses pembelajaran serta turunnya nilai
akademik. 2) Faktor yang mempengaruhi penggunaan gadget bagi siswa di SMAN
2 pamekasan ialah, faktor internal dan ekternal. Faktor internal adalah faktor
inplusif yang berasal dari seorang diri.Sedangkan faktor eksternal yaitu, faktor dari
luar seperti faktor lingkungan, teman, budaya.
Tidak tersedia versi lain