Text
Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Al-Amien II Prenduan Sumenep
Kata Kunci: Dampak Game Online, MA Al-Amien II Prenduan Sumenep,
Prestasi Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi game online dan efek problematikanya
terhadap prestasi belajar siswa yang mana game itu sendiri merupakan sesuatu
yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada
yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan alasan untuk
menghibur diri. Kini banyak orang yang melakukan aktivitas sehari-harinya
dengan bermain game online melalui gadgetnya. Maka berdasarkan konteks
penelitian diatas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: Pertama, JenisJenis Game Online Yang Sering Digunakan Oleh Siswa Yang Tidak Mondok di
MA Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep. Kedua, Bagaimana Dampak Game
Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa YangTidak Mondok Di MA-Al Amien II
Prenduan Sumenep. Ketiga, Apa Saja Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Dampak
Game Online Pada Prestasi Belajar Siswa Yang Tidak Mondok Di MA Al-Amien
II Prenduan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif dengan memperoleh sumber data dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pada penelitian ini informan terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BK,
Waka. Kurikulum, serta Siswa MA Al-Amien II Prenduan Sumenep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yang Pertama, Siswa kelas XI dan XII
MA Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep yang sering bermain game online
menggunakan permainan yang berjenis free fire, pubg, dan mobile legends. Dan
juga siswa kelas XI dan XII MA Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep yang
gemar bermain game menggunakan permainan yang berbasis online bukan
offline. Yang Kedua, Dampak dari bermain game online terhadap siswa di MA AlAmien Tegal Prenduan Sumenep itu bermacam-macam, mulai dari siswa yang
sudah tidak mengenal waktu dalam bermain game online, penglihatan mata mulai
terganggu, dari segi keuangan mengajarkan pemborosan, dan juga siswa akan
merasa kesulitan yang mau bersosial dengan orang lain. Yang Ketiga, Upaya guru
BK dalam mengatasi dampak game online itu adalah dengan melarang siswa
membawa hp ke sekolah MA Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep, guru
bimbingan dan konseling juga melaksanakan bimbingan konseling dengan
menggunakan pendekatan behavioral yang tekhniknya self manajement kepada
siswa yang candu dengan game online, dan yang terakhir adalah guru bimbingan
dan konseling memberikan bimbingan kelompok serta memberikan layanan
informasi terkait siswa yang candu game online.
Tidak tersedia versi lain