Text
Implementasi Kegiatan Melipat Kertas Origami Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Laden Pamekasan
Kata Kunci: Motorik Halus, Melipat Kertas Origami, Anak Usia Dini
Kegiatan motorik halus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak usia dini. Tumbuh kembang anak dapat distimulasi dengan berbagai macam kegiatan yang menarik minat anak, salah satu untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini yaitu melalui melipat kertas origami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Laden Pamekasan. serta mengetahui kelebihan dan kelemahan dari melipat kertas origami. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskrptif dengan sumber data primer kepala sekolah dan guru kelas. Adapun pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari kegiatan melipat kertas origami untuk perkembangan motorik halus bagi anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Laden Pamekasan yaitu dengan menggunakan demonstrasi terlebih dahulu kemudian anak-anak mengikutinya, dengan kegiatan ini dapat melatih kemampuan motorik halusunya, dan koordinasi mata dan tangan serta otot-otot. Adapun kelebihan dan kekurangan dalam melipat kertas origami dapat meningkatkan motorik halusnya dalam sehari-hari yaitu perkembangan dalam menulis, mewarnai, menggambar, mengunting, menempel dan kegiatan motorik lainya, sedangkan kelemahnya yaitu dengan kegiatan melipat kertas origami membutuhkan pengawasan dari orang tua juga melipat kertas origami bisa menjadi kurang menarik bagi anak-anak yang tidak tertarik.
Tidak tersedia versi lain