Text
Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan
Kata Kunci: Layanan Klasikal, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah,
sehingga membutuhkan peranan bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap
pelaksannan pembelajaran. Karena motivasi belajar yang rendah
sangantBerdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi
kajian pokok dalam penelitain ini, Pertama bagaimana motivasi belajar siswa
MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan?, Kedua Bagaimana Peningkatan Motivasi
Belajar dalam Penerapan Layanan Klasikal di MTs Ziyadatut Taqwa?, Tiga Apa
Kelebihan dan Kekurangan dalam Penerapan layanan Bimbingan Klasikal Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan?.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling,
metode yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan dalam analisi data meliputi reduksi data, hasil peleitian
melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa pertama, motivasi belajar
siswa yang rendah berasal dari diri individu sendiri, sehingga tidak mengerjakan
tugas, keluar kelas, kedua, hasih dari penerapan layanan klasikal untuk
meningkatkan motivasi belajar pada siklus 1 dari sembilan siswa sudah ada
peningkatan akan tetapi masih ada beberapa sisiwa yang masih berada pada tahap
motivasi rendah, kemudian pada siklus II ada peningkatan dari pada siklus 1,
dengan indikator siswa mulai aktif ketika berada didalam kelasnya dan siswa yang
motivasinya rendah pada siklus 1, sekarang sudah ada peningkatan. Ketiga faktor
pendukung dan penghambat dama penerapan layanan bimbingan klasikal dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Faktor pendukung yaitu faisilitas yang
disediakan oleh sekolah seperti laptop, ruang kelas, dan media lainnya yang cukup
lengkap, sedangkan faktor penghambat yaitu tidak ada ruangan khusus untuk guru
BK, dan guru BK bukan asli lulusan S1 BK dan kurang mengerti atau kurang
paham tentang apa tugas-tugas yang seharusnya di lakukan oleh seorang guru BK.
Tidak tersedia versi lain