Text
Peran Guru BK dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di Kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan
Kata Kunci : Peran, Guru BK, Perencanaan Karir, dan Siswa
Peran Guru BK dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir
merupakan bagian penting dari pelayanan bimbingan karir yang dapat membantu
siswa dalam merencanakan karir dan mengambil keputusan secara bijaksana
mengenai dirinya sendiri. Pemberian layanan konseling karir dilaksanakan untuk
memberi bekal kepada siswa melalui pengetahuan tentang fakta dan data di bidang
pendidikan dan pengembangan pribadi. Kemampuan perencanaan karir dapat menjadi
proses penting dalam memilih sasaran akademik sebagai bentuk persiapan siswa
terhadap berbagai kesempatan karir yang baik dan optimal. Permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana peran Guru BK dalam
meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XII di MA Sumber Bungur
Pakong Kabupaten Pamekasan. bagaimana proses pelaksanan bimbingan karir siswa
kelas XII di MA Sumber Bungur Pakong Kabupaten Pamekasan, dan apa saja faktorfaktor pendukung dan penghambat bagi Guru BK dalam meningkatkan kemampuan
perencanaan karir Siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi
hasil penelitian ini didapatkan melalui kepala sekolah, guru BK, dan siswa kelas XII
MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran guru BK dalam meningkatkan
kemampuan perencanaan karir siswa Kelas XII di MA Sumber Bungur Pakong
Kabupaten Pamekasan terdapat tiga hal penting, diantaranya adalah guru BK sebagai
informator, motivator, kolaborator, dan evaluator (pemberi nilai atau mengevaluasi
dalam proses perencanaan karir siswa. Pelaksanaan bimbingan dalam peningkatan
perencanaan karir siswa diterapkan melalui dua program penting, yaitu program
planning angket dan bimbingan klasikal bagi siswa. Program Planning angket
merupakan program yang pelaksanaannya dilakukan dengan membagikan angket
kepada seluruh siswa kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Angket
tersebut berisi perencanaan karir siswa setelah lulus sekolah dengan beberapa pilihan.
Adapun program bimbingan klasikal merupakan bmbingan rutin mingguan di kelas
bagi siswa kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan dalam rangka
membimbing siswa, memberi araha, dan memberi bekal dalam perencanaan karir
siswa. Faktor pendukung bagi guru BK dalam meningkatkan karir siswa adalah
adanya dukungan dari banyak pihak sekolah, adanya expo kampus. Adapun faktor
penghambat dalam proses peningkatan karir siswa adalah guru BK tidak mempunyai
jam atau jadwal khusus untuk melakukan bimbingan klasikal, sehingga guru BK
mengambil jalan alternatif dengan meminta sebagian jam kepada guru mata pelajaran
Tidak tersedia versi lain