Text
Peran guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa MTs Tarbiyatul Mubtadiin
Kata kunci: peran guru, motivasi belajar
Adanya perbedaan motiavsi belajar setiap siswa tentunya dibutuhkan
suatu peran penting dalam meningkatkan motivasi bealajar siswa yang rendah
yaitu salah satunya adalah guru BK. Dalam Penelitian ini peneliti bertujuan
untuk menjelaskan terkait bagaimana kondisi motivasi belajar siswa?, kemudian
seperti apa peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs
Tarbiyatul Mubtadiin?, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat guru
BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah guru BK, wali kelas, siswa
kelas IX MTs Tarbiaytul Mubtadiin, sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan keajegan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama kondisi
motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul Mubatdiin berbeda-beda, ada yang
memiliki motivasi belajar tinggi, ada yang memiliki motivasi belajar rendah
yang disebabkan oleh faktor internal atau faktor eksternal,, kedua peran guru BK
di MTs Tarbiyatul Mubtadiin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu
berperan sebagai motivator, melakukan bimbingan kelompok, bekerja sama
denganw ali kelas dan guru lainnya, selanjutnya yang ketiga yaitu faktor
pendukung dan penghambat, untuk faktor pendukungnya yaitu adanya ruangan
khusus yang disediakan oleh sekolah untuk guru BK yiatu ruangan bimbingan
dan konseling, kemudia adanya kesadaran diri dari wali kelas dan guru lainnya
untuk melakukan peningkatan dan perkembangan kepada dirinya dan siswa,
sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya jadwal masuk kelas untuk
guru BK, dan kurangnya guru BK di MTs Tarbiyatul Mubtadiin
Tidak tersedia versi lain