Text
Analisis Kesadaran Diri Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang
Kata Kunci: Analisis, Kesadaran diri, Kedisiplinan
Kesadaran diri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan dan pengaruh perilaku
seseorang terhadap orang lain. Sedangkan kedisiplinan merupakan suatu kondisi melalui
proses perilaku yang menaati suatu peraturan yang dilakukan untuk memenuhi kewajiban
sebagai seorang siswa di sekolah dan dapat membuat siswa bisa membedakan hal-hal apa yang
menurutnya benar dan salah.
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: (1)
Bagaimana bentuk kesadaran diri dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1
Tambelangan Sampang. (2) Upaya apa saja yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan
kesadaran diri dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang.
(3) Apa saja dampak kesadaran diri dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1
Tambelangan Sampang.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari Guru Bk dan Siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan oleh peneliti yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan
penelitian dengan metode kualitatif deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang
ada dilapangan dengan teori yang berlaku.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kesadaran diri siswa yaitu (a)
Kesadaran diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai siswa dengan baik di
sekolah, (b) Siswa yang mempunyai tugas dan tanggung jawabnya selain itu sebagai seorang
yang berpendidikan siswa harus memiliki sikap yang disiplin. Dengan cara mengikuti
organisasi yang ada disekolah. (c) Sebagai seorang siswa kita harus sadar dan mengikuti semua
pelajaran dan saling menghormati satu sama lain terutama pada guru kita sendiri dan berangkat
kesekolah tepat waktu. (2) Upaya yang dilakukan sekolah yaitu (a) Pihak sekolah dan dewan
guru memberikan teladan seperti setiap guru datang tepat waktu kesekolah, (b) Guru bk
mengadakan adanya piket di depan secara bergantian untuk menyambut siswa, (c)
Menciptakan lingkungan nyaman dan aman, sehingga proses belajar siswa berjalan dengan
baik. (3) Dampak Kesadaran diri dalam membentuk kedisiplian siswa yaitu (a) Dampak baik
yaitu siswa akan melaksanakan tanggung jawabnya di sekolah seperti datang tepat waktu
disekolah, menjalankan peraturan, dan dapat mengatasi masalahnya sendiri serta dapat
memiliki rasa kepedulian terhadap orang lain. (b) dampak buruk yaitu adanya pengaruh
perilaku kedisiplinan siswa seperti halnya ada beberapa siswa datang telambat ke sekolah,
bolos, berpakaian tidak rapi dan tidak semangat dalam mengerjakan tugas yang di berikan oleh
guru.
Tidak tersedia versi lain