Text
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif, hasil belajar siswa
kelas III masih rendah, hal ini dapat diketahui pada aspek proses dan aspek hasil. Sebelum diterapkan
pembelajaran kooperatif, siswa yang mencapai nilai kkm ada 6 orang, sedangkan dibawah kkm ada 13
orang. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu penerapkan model pembelajaran kooperatif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri dari; 1). Bagaimana langkahlangkah penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) apakah
penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan mixed metode dan jenis penelitiannya
adalah PTK. Desain dan prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari;
a). Tahap Perencanaan, b). Tahap Pelaksanaan, c). Tahap Observasi, dan d). Tahap Refleksi. Dengan
menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar kerja siswa, lembar observasi dan tes.
Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui
hasil pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru, maka dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini,
data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama: langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif
dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab sudah dilakukan dengan baik, yaitu a). persiapan yang
terdiri dari membuat RPP, menyiapkan materi, dan menyiapkan tes. b). Pelaksanaan diantaranya
menjelaskan materi, membentuk kelompok, memberikan tes, dan c). evaluasi diantaranya adalah
penilaian dan melakukan perbaikan untuksiklus selanjutnya. kedua: hasil penerapan pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Haudatul Ulum Cenlecen Pakong
Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran
kooperatif persentase nilai siswa yang mencapai KKM yaitu 31.58%. Pada siklus I, persentasenya yaitu
36.84%, sedangkan pada siklus II persentasenya yaitu 78.94%. adapun nilai rata- rata pada siklus I yaitu
64,74 dan pada siklus II yaitu 77.11
Tidak tersedia versi lain