Text
“Media Pembelajaran Berbasis Tiga Dimensi (3D) Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas IV di SDN Kadur II Pamekasan
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Bangun Ruang
Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses
belajar mengajar. Mengingat banyaknya macam media tersebut, maka guru harus
dapat berusaha untuk memilihnya dengan cermat agar dapat digunakan dengan
tepat. Dalam pengembangan media yang berbasis tiga dimensi akan menjadikan
pembelajaran menjadi lebih efektif dan tidak menoton kepada siswa.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok pembahasan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan media
pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun
ruang kelas IV di SDN Kadur II. Kedua, apa saja faktor pendukung media
pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun
ruang kelas IV di SDN Kadur II. Ketiga, apa saja faktor penghambat media
pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun
ruang kelas IV di SDN Kadur II.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif.Sumber data yang yang digunakan adalah sumber data primer (wali
kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah) dan sumber data sekunder
(dokumentasi yang memuat semua hal diperoleh dari lokasi penelitian).Instrumen
dan prosedur pengumpulan data yang diperoleh adalah observasi (partisipan),
wawancara (tersetruktur), dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah
data collection, data reducion, data display,verifikasi, uji keabsahan menggunakan
bahan refrensi dan mengadakan uji kreadibilitas data, triangulasi, serta konfirmasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan media
pembelajaran berbasis tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bangun ruang
kelas IV di SDN Kadur II adalah menggunakan metode pembelajaran berbasis
tiga dimensi dan metode pembelajaran demontrasi, ceramah, dan tanya jawab
sehingga siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru saat mengajar. Kedua,
faktor pendukung media pembelajaran berbasis tiga dimensi dalam pembelajaran
matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II yaitu dengan adanya media
pembelajaran berbasis tiga dimensi, alokasi waktu yang tepat, dan kemampuan
dasar siswa yang tepat. Ketiga, faktor penghambat media pembelajaran berbasis
tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN
Kadur II yaitu kurang bakat minatnya siswa, kurangnya sarana dan prasarana
terutama media pembelajaran berbasis tiga dimensi
Tidak tersedia versi lain