Text
Dampak Kepercayaan Diri Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas 12 di SMK Nurul Ulum Proppo
Kata Kunci: Dampak Percaya Diri, Pemilihan Karir Siswa
Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu Dampak Percaya Diri Terhadap
Pemilihan Karir Siswa karena percaya diri berpengaruh besar dalam pemlihan karir
siswa yang menyebabkan siswa tidak minat dengan belajarnya dan juga
menyebabkan pemilihan karirnya tidak sesuai dengan bakat yang dimilikinya.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil tiga fokus yaitu (1)
Bagaimana Dampak Percaya Diri Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas 12
di SMK Nurul Ulum Proppo? (2) Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi
Kepercayaan Diri Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa kelas 12 di SMK Nurul
Ulum Proppo? (3) Apa Saja Treatment yang Dilakukan Guru BK Dalam
Meningkatkan Kepercayaan Diri Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas 12
di SMK Nurul Ulum Proppo?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian
kualitatif fenomologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi
terstruktur, Observasi non partisipan, Dokumentasi hal-hal yang berkaitan dengan
penelitian. Analisis data menggunakan Cheking (pengecekan) dan Organizing
(pengelompokan). Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu Pertama: dampak percaya diri terhadap
pemilihan karir pada siswa kelas 12 di SMK Nurul Ulum Proppo yaitu dampak
positif nya siswa memiliki keberanian untuk berbicara didepan orang banyak pada
proses belajarnya, siswa memiliki kesiapan kematangan karirnya setelah lulus dari
sekolah, dampak negatifnya siswa merasa malu dengan dirinya karena tidak
mampu melakukan setiap tantangan disekolahnya, kemampuan diri siswa terbatas
sehingga pemilihan karirnya tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya,
Kedua: faktor lingkungan keluarganya yang memiliki adat karena siswa yakin
dengan pilihan orang tuanya yang terbaik meskipun dalam diri mereka tidak sesuai
dengan yang diinginkan, Ketiga: Treatment yang dilakukan guru BK untuk
meningkatkan kepercayaan diri terhadap pemilihan karir yaitu (a) konselor
memanggil salah satu siswa yang bersangkutan untuk menemui guru BK dengan
melalui surat panggilan (b) konselor memulai Openning-nya dengan ramah dalam
melakukan konseling individual (c) konseli melakukan konseling kedua dengan
menggunakan tekhnik layanan klasikal yang dimana nantinya siswa yang
mempunyai masalah akan diberik materi terkait dampak percaya diri terhadap
pemilihan karir siswa (d) terakhir melakukan evaluasi dari Treatment yang
dilakukan, dan nantinya ada penilaian dari segi waktu.
Tidak tersedia versi lain