Text
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Empirik Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN Ambat 2 Pamekasan
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Empirik
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 ini, menuntut
manusia untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi/HOTS, didunia pendidikan
merupakan tuntutan dari kurikulum 2013. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan
di SDN Ambat 2 dalam proses pembelajarannya guru mengembangkan HOTS siswa melalui
pembelajaran empirik. Dengan tujuan mempermudah siswa menemukan banyak inspirasi
dan wawasan yang lebih luas serta menjadikan siswa menjadi lebih kritis, kreatif, aktif.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok
sebagai berikut: Pertama Bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam
pembelajaran empirik tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas V SDN Ambat 2.
Kedua Bagaimana siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam
pembelajaran empirik tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas V SDN Ambat 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data menggunakan data primer (kepala sekolah, guru dan siswa) dan data sekunder.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi,
selanjutnya untuk analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan, kemudian untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajengan pengamatan dan triangulasi sumber dan
metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Keterampilan berpikir tingkat
tinggi siswa dalam pembelajaran empirik tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas
V SDN Ambat yaitu kemampuan siswa dalam menganalisis perilaku masyarakat yang sesuai
dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam menganalisis teks
cerita, dan menganalisis peta dengan menunjukkan kepadatan penduduk di Indonesia.
Kemampuan dalam mengumpulkan data dan mengolah informasi melalui pengamatan
mengenai kegiatan yang memerlukan kerja organ gerak, seperti berjalan, berlari, memegang
dan sebagainya. Kemampuan mengevaluasi sampai pada tahap mencipta. Kemampuan
berpikir kritis mengajukan beberapa pertanyaan. dan kemampuan berpikir kreatif dalam
mengembangkan ide. Kedua, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi siswa dalam pembelajaran empirik tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan melalui
berbagai pendekatan dan praktik, diantanya yaitu melalui pengalaman praktik, melalui
pengumpulan data/ informasi, analisis data. Melalui pemberian tugas-tugas oleh guru.
Melalui umpan balik yang diberikan guru dan melalui dukungan guru siswa dapat
mengembangan keterampilan ini melalui panduan, yang dilakukan oleh gur
Tidak tersedia versi lain