Text
Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hafalan Rukun Islam Siswa Kelas 1 Di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Meningkatkan Hafalan Rukun Islam, Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Rendahnya hafalan rukun Islam peserta didik karena metode
pembelajarannya yang masih bersifat stagnan dengan metode konfensional yang
mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan
hal ini terjadi karena metode yang diberikan pada saat pemberian materi kurang
menekankan pada hafalannya. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan
penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan rukun Islam siswa
kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. 2. Mendeskripsikan hasil
penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan rukun Islam siswa
kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya
terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Barurambat Timur 1
Pamekasan yang berjumlah 14 peserta didik yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan
10 siswa perempuan. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. SKM dari
pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 1 d SDN Barurambat Timur 1
Pamekasan adalah lebih dari 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
menghafal rukun Islam peserta didik melalui metode bernyanyi. Hal ini
dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar yang menunjukkan dari total 14
peserta didik yang mengikuti tes siklus I dengan nilai rata-rata 73,57%, dengan 8
orang peserta didik yang belum lulus SKM. Sedangkan siklus II nilai rata-rata
mencapai nilai 82,5% yang berarti adanya peningkatan menghafal rukun Islam
sebesar 8,93.
Tidak tersedia versi lain