Text
Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa dengan Menggunakan Metode Reward and Punishment Siswa Kelas 3 Di SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023,Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa dengan Menggunakan Metode Reward and Punishment Siswa Kelas 3 Di SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023,
Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Reward and Punishment
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap sopan santun siswa kelas
3 SDN Polagan 3, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
sikap sopan santun melalui penerapan metode reward and punishment siswa kelas 3
SDN Polagan 3 dan Untuk mengetahui peningkatan sikap sopan santun siswa kelas 3
SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023 dengan menggunakan metode Rewardand
Punishment.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan yaitu model PTK Kemmis & Mc
Taggart, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3 di SDN Polagan 3, peneliti
dan wali kelas 3 SDN Polagan 3 bekerjasama dalam keberhasilan meningkatkan sikap
sopan santun siswa.
Berdasarjan hasil penelitian yang dilaksanakan , terdapat beberapa tahapan
dalam tiap-tiap siklusnya, diantaranya: 1) Tahap perencanaan yaitu kegiatan
menyusun RPP yang akan dilaksanakan dalam proses penelitian, 2) Tahap
pelaksanaan yaitu penerapan RPP yang sudah dirancancang pada tahap sebelumnya,
3) Tahap observasi, mengamati pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran, 4)
Refleksi, hasil pengamatan dikumpulkan agar bisa mengevaluasi diri tentang proses
pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode Reward and Punishment dapat meningkatkan sikap sopan
santun siswa kelas 3 di SDN Polagan 3. Pada kegiatan pelaksanaan pra siklus, hasil
tes sikap sopan santun secara klasikal jumlah nilai mencapai 1.425, dengan rata-rata
67. Sedangkan persentase pada tahap pra siklus yaitu 42,55% dengan kategori cukup.
Pada kegiatan siklus I, hasil tes sikap sopan santun siswa secara klasikal jumlah nilai
keseluruhan yaitu mencapai 1.525. dengan rata-rata 72. Sedangkan persentase
ketuntasan mencapai 57,45%. Pada kegiatan siklus II, hasil tes sikap sopan santun
siswa secara klasikal jumlah keseluruhan mencapai 1.735, Dengan rata-rata 82.
Sedangkan persentase ketuntasan mencapai 95,61%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwasannya penggunaan metode Reward and Punishment dapat meningkatkan sikap
sopan santun siswa kelas 3 di SDN Polagan 3.
Tidak tersedia versi lain