Text
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Cooperative integrated reading and composition, Menulis puisi.
Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition
(CIRC) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memadukan
antara keterampilan membaca dan menulis dengan menggunakan suatu kerjasama
kelompok didalamnya. Dengan model pembelajaran ini diharapkan peserta didik
dapat menguasai, memahami, mengiplementasikan keterampilan dalam membaca,
menulis, dan menyimak. Ada dua permasalahan yang diambil pada penelitian ini.
Pertama, Bagaimana pengaruh cooperative integrated reading and composition
(CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MAN 2 Pamekasan.
Kedua, Bagaimana respon siswa siswa kelas X MAN 2 Pamekasan setelah
menggunakan pembelajaran cooperative integrated reading and composition
(CIRC).
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan
teknik pengumpulan data berupa pretest and posttest. Teknik analisis data yang
digunakan berupa teknik analisis data statistik dengan bantuan aplikasi SPSS 20.
Populasi yang diambil dalam kelas X MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini
mengambil 54 peserta didik sebagai sample penelitian, kelas IPA 1 sebagai kelas
eksperimen sebanyak 27 anak dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak
27 anak. Uji t yang digunakan berupa uji paired sample t test yaitu untuk
menentukan dan .
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data-data hasil penelitian
pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC)
terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MAN 2 memperoleh nilai
signifikansi 0,03 dengan menggunakan uji paired sample t test. Jika signifikansi
(≤0,05) maka diterima dan ditolak. Dari hasil tersebut menunjukkan
(0,03≤0,5) yang berati terdapat pengaruh pembelajaran cooperative integrated
reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi siswa eelas
X MAN 2 Pamekasan. Berdasarkan angket repon yang telah diterima oleh
penelita dengan 5 indikator yang meliputi: persepsi peserta didik terhadap model
pembelajaran memperoleh presentase 83% dengan kategori sangat baik, Motivasi
peserta didik dalam pembelajaran memperoleh presentase 84% dengan kategori
sangat baik, kejelasan materi dalam pembelajaran memperoleh presentase 80%
dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
memperoleh presentase79% dengan kategori sangat baik dan, tanggapan peserta
didik terhadap guru saat mengajar menperoleh presentase 84% dengan kategori
iv
sangat baik. Dari hasil tesebut memperoleh rata-rata keseluruhan dengen
presentase 83% dengan kategori sangat baik
Tidak tersedia versi lain