Text
Penerapan Pelatihan Keterampilan Public Speaking bagi Siswa Kelas XII di SMAN 1 Galis Pamekasan,
Kata Kunci: Pelatihan, Public Speaking, Keterampilan Berbicara
Wujud keterampilan berbicara yang dimiliki oleh siswa, yaitu Public
Speaking. Public speaking adalah seseorang yang berbicara di depan umum yang
baik berupa presentasi, ceramah, pidato, atau jenis bicara di depan umum lainnya
untuk menyampaikan sebuah ide, gagasan, pikiran, persaan secara runtut,
sistematis, dan logis. Namun kebanyakan guru tampak kurang memberikan
kesempatan bagi siswanya untuk praktik berbicara sehingga secara praktik
pembelajaran berbicara jarang dilakukan di kelas.
Penelitian ini di fokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok. Pertama apa hasil yang dapat diperoleh setelah pelatihan keterampilan
public speaking dilaksanakan. Kedua apa saja kekurangan siswa SMAN 1 GALIS
Pamekasan dikelas XII dalam penerapan pelatihan keterampilan public speaking.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Galis Pamekasan dan
juga guru SMAN 1 Galis, sedangkan pengecekan keabssahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan tringualisasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, pelatihan keterampilan
public speaking yang dilakukan kepada siswa pada saat berbicara di depan kelas
ada peningkatanseperti saat ditunjuk untuk maju kedepan siswa mulai berani
berbicra dan tidak malu-malu. Kedua, ada beberapa kekurangan pada siswa ketika
melakukan public speaking seperti siswa merasa malu saat ditunjuk untuk
berbicara di depan kelas sehingga gugup dan tidak fokus pada apa yang ingin
disampaikan
Tidak tersedia versi lain