Text
Peran Guru dalam Membangun Interaksi Sosial pada Anak Introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru, Interaksi Sosial, Introvert
Interaksi yang berlangsung di sekitar kehidupan manusia dapat diubah
menjadi interaksi yang bernilai edukatif, yakni interaksi yang dengan sadar
meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang.
Kesusahan dalam interaksi sosial ini banyak dialami oleh individu salah satunya
adalah individu dengan kepribadian introvert. Kepribadian introvert sendiri
diartikan seseorang yang memiliki pribadi yang cenderung sulit untuk melakukan
komunikasi dengan banyak orang. Adanya siswa kelas 2 dan 4 SDI Darul Ulum
Kabupaten Pamekasan masih ada siswa yang mempunyai kepribadian introvert
salah satunya siswa kelas 2 dan 4, kurangnya interaksi sosial yang di milik anak
introvert mempunyai kesulitan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekolahnya,
Kepribadian merupakan satu diantara faktor penentu hasil belajar, karena berbeda
kepribadian berbeda pula hasil belajarnya. Peran guru inilah yang akan mendidik
siswa yang sulit interaksi agar bisa berinteraksi dengan baik sesama teman
sebayanya yang ada dilingkungan sekolahnya. Dalam penelitian ini ada beberapa
fokus penelitian yang dibahas oleh peneliti, pertama, peran guru dalam
membangun interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan
Galis Pamekasan, kedua, untuk mengetahu interaksi sosial pada anak introvert di
SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Guru Kelas II, Guru Kelas IV,
dua Guru SDI Darul Ulum, dan Siswa Kelas II dan IV. Pengecekan keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan data.
Hasil penelitian menunjukkan; pertama, Peran guru dalam membangun
interaksi sosial pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis
Pamekasan. Adapun upaya yang dilakukan oleh para guru dalam membagun
interaksi sosial pada anak introvert seperti mencari tahu dan mengamati siswa
introvert, melakukan pendekatan sekaligus pemberian layanan bimbingan kepada
siswa introvert, memberikan contoh yang baik, mengajak tampil di kelas,
memberikan motivasi seperti agar siswa mampu berinteraksi sosial dengan baik,
dan mengevaluasi hasil yang telah dilakukan oleh guru. Kedua, Interaksi sosial
pada anak introvert di SDI Darul Ulum Kecamatan Galis Pamekasan sudah baik
setelah dilakukan upaya peningkatan untuk melihat perkembangan interaksi pada
siswa introvert seperti pengamatan, pendekatan sekaligus bimbingan, memberi
contoh yang baik, mengajak siswa untuk tampil di kelas, dan memberi motivasi
siswa tersebut. Adapun perkembangan yang dapat diamati oleh orang lain
terhadap siswa introvert tersebut antara lain, siswa sudah bisa berbaur dengan
teman kelasnya, siswa tidak malu untuk menyampaikan gagasannya, siswa
memiliki kepercayaan diri di kelas, siswa sudah berinteraksi dengan temantemannya pada saat jam istirahat dan diluar lingkungan sekolah.
Tidak tersedia versi lain