Text
Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Teks Negoisasi pada Siswa Kelas X di MAN 1 Pamekasan
KataKunci: Penerapan Metode Resitasi Pembelajaran Teks
Negoisasi
Membicarakan masalah metode resitasi yang biasa disebut dengan
pembelajaran di luar kelas dimana pembelajaran tersebut digunakan untuk
membantu siswa untuk menghilangkan rasa jenuh jika berada di dalam kelas
juga untuk membantu siswa agar lebih aktif belajar supaya lebih tanggap
saat pembelajaran yang digunakan. dalam pembelajaran menggunakan
metode resitasi ini terdapat masalah yang ada pada guru pengajar dan juga
terdapat kelebihan menggunakan metode resitasi tersebut.
Berdasarkan hal tersebut,maka ada 3 permasalahan dalam penelitian
ini, yaitu: pertama bagaimana penerapan guru menggunakan metode resitasi
dalam pembelajaran teks negoisasi pada siswa kelas X di MAN 1
pamekasan, kedua bagaimana faktor pendukung dan fakktor penghambat
guru menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran teks negoisasi pada
siswa kelas X di MAN 1 pamekasan, ketiga bagaimana hasil penerapan
metode resitasi dalam pembelajaran teks negoisasi pada siswa kelas X di MAN
1 pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. untuk sumber data dalam penelitian ini dari guru pengajar
bahasa Indonesia yang terdiri dari 1 guru dan 5 siswa. Sedangkan untuk
menganalisis data terlebih dahulu data yang diperoleh reduksi data,
penyajian data, penulisan keabsahan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian dapat dikatakan bahwa:1) penerapan kegiatan
pembelajaran menggunakan metode resitasi yang pertama pelaksanaan doa
yang di pimpin oleh siswa, yang kedua guru memberikan penjelasan materi
berupa media elektronik salah satunya yaitu proyektor, ketiga guru
menyuruh siswa untuk belajar di luar kelas dan memberikan tugas untuk
mengetahui seberapa paham siswa dalam pembelajaran tersebut, yang
keempat guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil dari tugas
tersebut dan yang terakhir guru menutup pembelajaran dengan doa lalu
menyuruh siswa kembali ke dalam kelas 2) faktor pendukung dan faktor
penghambat menggunakan metode resitasi, yang pertama faktor
penghambat berupa sulitnya guru membedakan mana siswa yang
mengerjakan sendiri tugas yang diberikan, dan faktor pendukung salah
satunya membantu siswa mengingat baik masa yang akan datang dan masa
yang sekarang 3) hasil yang dicapai dari pembelajaran menggunakan
metode resitasi dalam pembelajaran teks negoisasi yaitu terdapat banyak
siswa yang paham menggunakan metode resitasi dari pada siswa yang
kurang paham karena disebabkan siswa yang suka belajar di luar kelas.
Tidak tersedia versi lain