Text
Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Pada Tema 3 Materi Benda Di Sekitarku Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas 3 di SDN Sumedangan III Pademawu Pamekasan
Kata kunci : Metode Pembelajaran Card Sort, Meningkatkan kemampuan belajar
siswa
Kemampuan siswa pada pelajaran tematik masih rendah, yang menjadi
faktor adalah penggunaan metode ceramah, sehingga siswa kurang memahami
pada saat pembelajaran. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk melakukan
penelitian menggunakan metode pembelajaran card sort ini.
Hal ini terdapat 3 fokus penelitian, yaitu Pertama, Bagaimana perencanaan
penggunaan metode card sort pada materi benda di sekitarku?. Kedua, Bagaimana
pelaksanaan metode pembelajaran card sort pada materi benda di sekitarku kelas
3?. Ketiga, Bagaimana hasil / evaluasi kemampuan belajar siswa pada metode
pembelajaran card sort pada mata materi benda di sekitarku kelas 3?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan
siklus Kemmis dan Robin MC Taggart yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas 3 di SDN
Sumedangan III Pademawu Pamekasan yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13
siswi dan 8 siswa .
Hasil penelitian yang diperoleh : Pertama, Perencanaan yaitu peneliti
membuat media, membuat RPP dan menyusun soal tes. Kedua, Pelaksanaan
kegiatan pembuka, guru menjelaskan materi tematik yang akan dipelajari selama
pembelajaran berlangsung. Kegiatan inti, menyampaikan materi tematik dengan
menggunakan card sort dan memberikan tes untuk mengetahui kemampuan
siswa. Kegiatan penutup, mengulang kembali materi yang telah dijelaskan dan
menanyakan kepada siswa yang belum dipahami. Terakhir Jika hasil nilai tes
siswa telah mencapai ketuntasan minimal 76% maka siklus dihentikan. Jika belum
mencapai maka dilanjutkan siklus berikutnya. Ketiga, Hasil dari kemampuan
siswa ini dapat meningkat dibuktikannya dengan adanya peningkatan nilai tes
kemampuan siswa pada pembelajaran tematik yaitu pada tahap prasiklus
persentase ketuntasan klasikal yaitu 33,33% lalu pada siklus I meningkat menjadi
66,66% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90,5%.
Tidak tersedia versi lain