Text
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari
Kata kunci: gerakan Literasi Sekolah, perpustakaan.
Gerakan literasi sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan
secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran
yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik terutama peranan
perpustakaan. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca dan
menulis siswa masih rendah serta kurang maksimalnya peran perpustakaan dalam
mendukung kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan
perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa di SMPI
Darul Ulum Al-Djauhari, bagaimana peran perpustakaan dalam menumbuhkan
minat membaca dan menulis siswa, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung
dan menghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui
pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis
siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tekhnik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi
penelitian ini di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari, Subyek penelitian ini adalah
kepala dan pengelola perpustakaan madrasah, sedangkan informan dari penelitian
ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, guru, dan siswa, Uji keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data berupa
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Setelah semua data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini berhasil
memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS)
melalui pemanfaatan perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan
menulis siswa di SMPI Darul Ulum Al-Djauhari masih di tahap pembiasaan yaitu
dengan membiasakan siswanya untuk membaca buku bacaan selama 10 menit
sebelum pelajaran dimulai, dibentuknya jadwal pengunjungan perpustakaan,
diadakannya berbagai macam lomba yang berkaitan dengan kegiatan literasi. 2)
Peran perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca dan menulis siswa di
SMPI Darul Ulum Al-Djauhari adalah perpustakaan sebagai sumber belajar yang
menyediakan banyak informasi dan ilmu pengetahuan, serta banyaknya buku
refrensi yang bisa dijadikan acuan oleh siswa dalam mengerjakan tugas.3) Faktor
pendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan
perpustakaan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis adalah
tersedianya banyak buku referensi, adanya dukungan dari semua guru dan staf
perpustakaan dan minat membaca siswa yang tinggi. Sedangkan faktor yang
menghambat adalah kurangnya kesadaran siswa saat mengembalikan buku serta
kurangnya sarana prasarana yang berupa AC.
Tidak tersedia versi lain