Text
, Kerjasama Guru dan Orangtua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Polagan 1 Pamekasan
Kata Kunci: Kerjasama Guru dan Orangtua, Hasil Belajar Siswa.
Hasil belajar merupakan capaian siswa yang dapat diukur setelah melakukan proses pembelajaran yang mencangkup ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Hasil belajar membutuhkan kerjasama berbagai pihak bukan hanya pada guru atau siswa, namun juga dipengaruhi oleh fasilitas dan kelengkapan belajar serta faktor keluarga. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam peneitian ini yaitu: pertama bagaimana bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Polagan 1 Pamekasan, kedua bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDN Polagan 1 Pamekasan, ketiga apa saja faktor pendukung kerjasama guru dan oranngtua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Polagan 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Polagan 1 Pamekasan, guru kelas III SDN Polagan 1 Pamekasan, dan orangtua SDN Polagan 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber, metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bentuk kerjasma guru dan orangtua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III adalah dengan cara kerjasama spontan yaitu melalui komunikasi terbuka antara guru dan orangtua, dan juga keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah dan juga melakukan kerjasama langsung yang mana orangtua ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti melakukan pertemuan pengambilan raport dan juga orangtua menghadiri acara maulid di sekolah. Kedua, peningkatan hasil belajar siswa kelas III dengan adanya kerjasama tersebut hasil belajar siswa sangat baik. Sebelumnya hasil belajar siswa kelas III kurang baik namun dengan adanya kerjasama antara guru dan orangtua hasil belajar siswa menjadi baik dan maksimal. Dengan dukungan dan motivasi orangtua yang berupa bimbingan terhadap siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah. Selain itu juga, saling mendukung dan berbagi tanggung jawab dalam mendidik anak, hasil belajar anak cenderung meningkat. Ketiga, faktor pendukung yang penting dalam kerjasama antara guru dan orangtua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III adalah kerjasama yang erat antara guru dan orangtua. Keterlibatan orangtua yang sangat tinggi dalam pendidikan anak. dan juga guru menerima masukan dari orangtua dan berkolaborasi dengan mereka dalam merencanakan pendidikan anak mengalami peningatan
Tidak tersedia versi lain