Text
Efektivitas Penerapan Pendekatan Inkuiri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMPN 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Efektivitas, Penerapan, Pendekatan Inkuiri, Keterampilan
Berbicara
Hakikatnya pembelajaran bahasa Indonesia memiliki tujuan untuk
membimbing perkembangan bahasa peserta didik secara berkelanjutan melalui
proses menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pentingnya keterampilan
berbicara terhadap masa depan peserta didik, menjadi tanggung jawab yang harus
diperhatikan oleh pendidik. Proses pembelajaran harus dirancang sebaik mungkin
agar peserta didik memiliki semangat dan motivasi dalam belajar. Pada observasi
yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas
VIII SMPN 1 Pamekasan kurang memuaskan. Oleh karena itu peneliti berinisiatif
untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan pendekatan
inkuiri pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 1 Pamekasan.
Berdasarkan hal itu terdapat dua rumusan masalah yang menjadi acuan peneliti
yakni: Pertama, bagaimana penerapan pendekatan inkuiri terhadap keterampilan
berbicara siswa SMPN 1 Pamekasan dapat membuat pembelajaran efektif. Kedua,
seberapa signifikan penerapan pendekatan inkuiri terhadap keterampilan berbicara
siswa SMPN 1 Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Pamekasan dengan subjek
penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Pamekasan. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik
non parametrik uji Mann Whitney
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama Pendekatan inkuiri terhadap
keterampilan berbicara siswa SMPN 1 Pamekasan efektif untuk diterapkan. Hal ini
telah dibuktikan dengan hasil uji hipotesis statistik non parametrik dengan
menggunakan uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) 0.004
lebih kecil dari nilai 0.05. Maka dengan demikian (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.
Kedua, besar Efektivitas pendekatan inkuiri terhadap keterampilan berbicara siswa
SMPN 1 Pamekasan adalah berkategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan
uji effect size menggunakan rumus Cohen’s d dengan mengetahui nilai rata-rata dan
standar deviasi yang menujukkan bahwa nilai diperoleh yakni 0.69 yang
berkategori sedang. Hal itu menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri efektif untuk
diterapkan pada keterampilan berbicara siswa SMPN 1 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain