Text
Penerapan Strategi Kooperatif Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 1 SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan,
Kata Kunci: Strategi Kooperatif Guru, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Mata
Pelajaran Matematika
Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh seorang
guru dalam menetapkan dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai
dengan materi dan keadaan peserta didik dalam sebuah pembelajaran di dalam
kelas sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana penerapan strategi kooperatif guru dalam meningkatkan
kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas 1 SDN
Pagendingan 2 Galis. Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung
penerapan strategi kooperatif guru dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis
siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas 1 SDN Pagendingan 2 Galis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, pengecekan data,
menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan
datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan strategi
kooperatif guru dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata
pelajaran matematika di Kelas 1 SDN Pagendingan 2 Galis, diantaranya ialah
pembelajaran kelompok yang terdiri dari 2-6 orang disetiap kelompok. Yang
mengutamakan kerjasama antar siswa dalam kelompok dan setiap individu
bertanggung jawab atas kelompoknya masing-masing. Dengan langkah-langkah
pembelajaran yakni menyapa siswa dan memberikan motivasi, menyampaikan
tujuan pembelajaran, penyampaian materi saat proses pembelajaran, membagi
tugas kelompok sesuai dengan keadaan siswa, dan memberikan penilain kepada
siswa. Kedua, faktor penghambat penerapan strategi kooperatif guru dalam
meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di
Kelas 1 SDN Pagendingan 2 Galis, diantaranya ialah kurangnya motivasi
sehingga menyebabkan siswa bermalas-malasan dalam mengikuti proses
pembelajaran matematika serta terdapat sebagian siswa sulit untuk diatur oleh
guru. Sedangkan faktor pendukungnya ialah sarana dan prasarana yang dimiliki
oleh lembaga sudah memadai seperti meja, kursi, alat tulis, proyektor dan
refrensi-refrensi yang ada di perpustakaan SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain