Text
Strategi Pembelajaran dengan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Latihan Terbimbing, Keterampilan
Menulis, Cerpen
Keterampilan dalam pelajaran bahasa Indonesia salah satunya ialah
keterampilan menulis cerpen. Cerpen merupakan karya sastra yang dapat dibaca
sekali duduk dengan kisaran waktu setengah sampai 1 jam. Cerpen bisa berupa
karangan ataupun imajianasi dari seorang penulis. Strategi pembelajaran
merupakan sebuah rangkaian yang digunakan guru untuk memilih beberapa
metode pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan
keterampilan menulis siswa guru harus menerapkan pemilihan metode yang cocok
kepada mereka, diantaranya metode latihan terbimbing. Metode ini di mana guru
membimbing siswa baik yang sudah paham apalagi bagi siswa yang memang tidak
paham terhadap pembelajaran cerpen sampai mereka benar-benar paham.
Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini ada tiga fokus penelitian yang
akan peneliti lakukan. Pertama, bagaimana strategi pembelajaran dengan latihan
terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah
1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana hambatan
strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan
menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan
Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan strategi pembelajaran
dengan latihan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di
MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan. Penelitian
ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Prosedur pengumpulan data ada tiga komponen yaitu, wawancara,
observasi dan dokumentasi dengan sumber datanya ialah guru bahasa Indonesia
dan siswa. Peneliti menggunakan tekhnik analisis data menggunakan tiga tahap
meliputi: Data Reduction, Data Display dan Verification. Pengecekan keabsahan
data peneliti menggunakan tiga cara yaitu: Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik
dan Triangulasi Waktu.
Hasil penelitian ini yaitu: strategi pembelajaran dengan latihan terbimbing
untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen di MA Al-Islamiyah 1 Sumber
Batu Blumbungan Larangan Pamekasan dapat dikatakan terlaksana dengan baik,
dilihat dari adanya pencapaian yang didapat siswa baik bagi yang suka menulis
ataupun bagi yang tidak suka menulis cerpen. Kemudian untuk hambatan dalam
penerapan strategi guru dengan latihan terbimbing ini hanya terletak pada siswa
yang tidak suka dalam menulis karangan, mereka malas pada saat pembelajaran
berlangsung. Namun dengan adanya solusi penerpan strategi guru dengan latihan
terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen ini, guru
menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, seperti pada saat
pembelajaran berlangsung guru menggunakan PPT, kliping tentang cerpen serta
buku khusus yang memuat tentang materi cerpen.
Tidak tersedia versi lain