Text
Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Membaca Siswa Kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung
Kata Kunci: Wali Kelas, Hasil Membaca
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta
didik. Peserta didik belum mampu mengerti kata, mengerti kalimat, mengerti struktur
kata, mengetahui tanda-tanda baca, mengetahui informasi dalam bacaan, mengerti
aturan-aturan dalam bacaan, serta belum bisa mengingat isi bacaan untuk diungkapkan
kembali. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi pertama yang telah dilakukan oleh
peneliti. Sehingga peran seorang wali kelas sangat berpengaruh terhadap hasil
membaca peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang
akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana peran wali kelas
dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan
Badung. Kedua bagaimana cara wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa
kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, adapun sumber data yang diperoleh berupa wawancara kepada pihak yang
bersangkutan, observasi, dengan informan wali kelas 1. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan peningkatan
ketekunan dalam penelitian. Perpanjangan pengamatan dengan melakukan penelitian
kembali kelapangan dengan tujuan data yang didapat menjadi lebih valid dan kongkret.
Serta peningkatan ketekunan dalam penelitian yang dilakukan dengan mengecek
kembali data yang sudah dihasilkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, peran wali kelas dalam
meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1 MI Sabilur Rosyad Larangan Badung
adalah wali kelas mempunyai tugas bertanggung jawab untuk menyalurkan ilmu yang
dimilikinya kepada peserta didik, mengajarkan dan membimbing peserta didik dalam
proses pembelajaran. Serta wali kelas mengajarkan peserta didik membaca dengan
sangat telaten agar peserta didik mampu membaca dengan baik, wali kelas juga
memberikan hafalan kepada peserta didik agar mereka mampu memahami tanda-tanda
baca, pembiasaan membaca juga dilakukan agar peserta didik lebih cepat bisa
membaca. Kedua, cara wali kelas dalam meningkatkan hasil membaca siswa kelas 1
MI Sabilur Rosyad Larangan Badung, wali kelas melakukan beberapa strategi dalam
pembelajaran membaca yaitu wali kelas menggunakan metode eja dalam pembelajaran
membaca, yaitu dengan mengajarkan peserta didik mengeja terlebih dahulu, dengan
mengenalkan huruf-huruf abjad, kemudian dilanjutkan pada pengenalan kata, suku kata
dan kalimat sederhana, hal tersebut dilakukan berulang-ulang sampai peserta didik
benar-benar mampu dan fasih membaca. Pembelajaran membaca terus dilakukan
sampai peserta didik mampu mengerti kata, mengerti kalimat, mengerti struktur kata,
mengetahui tanda-tanda baca, mengetahui informasi dalam bacaan, mengetahui aturanaturan dalam bacaan, dan dapat mengingat isi bacaan untuk diungkapkan kemba
Tidak tersedia versi lain