Text
Penerapan Metode Ekspresi Bebas dalam Materi Membuat Mozaik pada Pembelajaran SBDP di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan
Kata Kunci :Ekspresi bebas, Mozaik, dan SBDP.
Mata pelajaran SBDP turut diwujudkan dalam satuan kurikulum pendidikan
bertujuan sebagai pembelajaran yang memacu siswa untuk menjadi manusia yang
kreatif dan dapat berekspresi sesuai perkembangannya. Dalam hal ini kreatifitas
siswa perlu terus dipupuk dan dikembangkan, agar siswa nantinya menjadi generasi
yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Sehingga dalam
penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: Pertama bagaimana penerapan
metode Ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP
kelas 4 di SDN seddur 1 Pakong Pamekasan?, Kedua apakah manfaat bagi guru
dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada
pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan?, Ketiga apakah
hambatan yang ditemui guru dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam
materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumetasi dengan subyek
penelitiannya adalah guru kelas, dan 5 siswa kelas 4 SDN Seddur 1 Pakong
Pamekasan . sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan
keajegan pengamatan, dan triangulasi.
Adapun hasil penelitin ini menunjukkan bahwa Pertama, penerapan metode
ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada siswa kelas 4 dilakukan dengan
beberapa tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, kemudian
yang kedua, manfaat dalam kegiatan ini yaitu guru lebih mudah membuat siswa
tertarik dan berminat mengikuti kegiatan atau pembelajaran sebab mereka
dibebaskan untuk betekspresi dalam perencanaan metode ekspresi bebas pada
materi membuat mozaik, ketiga, hambatan yang ditemui guru adalah guru merasa
kewalahan untuk mengawasi dan mengontrol siswa pada saat kegiatan sebab
dengan diterapkannya ekspresi bebas yang membiarkan siswa mengembangkan ide
mereka sendiri, siswa akan lebih sering menghampiri guru dan bertanya mengenai
apakah karya mereka sudah tepat atau tidak.
Tidak tersedia versi lain