PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Ekspresi Bebas dalam Materi Membuat Mozaik pada Pembelajaran SBDP di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan

Ulya Rohmatina - Nama Orang;

Kata Kunci :Ekspresi bebas, Mozaik, dan SBDP.
Mata pelajaran SBDP turut diwujudkan dalam satuan kurikulum pendidikan
bertujuan sebagai pembelajaran yang memacu siswa untuk menjadi manusia yang
kreatif dan dapat berekspresi sesuai perkembangannya. Dalam hal ini kreatifitas
siswa perlu terus dipupuk dan dikembangkan, agar siswa nantinya menjadi generasi
yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Sehingga dalam
penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: Pertama bagaimana penerapan
metode Ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP
kelas 4 di SDN seddur 1 Pakong Pamekasan?, Kedua apakah manfaat bagi guru
dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada
pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan?, Ketiga apakah
hambatan yang ditemui guru dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam
materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumetasi dengan subyek
penelitiannya adalah guru kelas, dan 5 siswa kelas 4 SDN Seddur 1 Pakong
Pamekasan . sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan
keajegan pengamatan, dan triangulasi.
Adapun hasil penelitin ini menunjukkan bahwa Pertama, penerapan metode
ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada siswa kelas 4 dilakukan dengan
beberapa tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, kemudian
yang kedua, manfaat dalam kegiatan ini yaitu guru lebih mudah membuat siswa
tertarik dan berminat mengikuti kegiatan atau pembelajaran sebab mereka
dibebaskan untuk betekspresi dalam perencanaan metode ekspresi bebas pada
materi membuat mozaik, ketiga, hambatan yang ditemui guru adalah guru merasa
kewalahan untuk mengawasi dan mengontrol siswa pada saat kegiatan sebab
dengan diterapkannya ekspresi bebas yang membiarkan siswa mengembangkan ide
mereka sendiri, siswa akan lebih sering menghampiri guru dan bertanya mengenai
apakah karya mereka sudah tepat atau tidak.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 152023018 ULY P
152023018
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152023018 ULY P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152023018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI 2023
Info Detail Spesifik
018
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?