Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Menyunting Teks Berita pada Siswa Kelas VIII di MTsN 2 Pamekasan,
Kata kunci: Problem Based Learning, Teks Berita
Problem Based Learning adalah pembelajaran yang menitik beratkan kepada peserta
didik sebagai pembelajar serta terhadap permasalahan yang autentik atau relevan yang akan
dipecahkan menggunakan pengetahuan yang dimilikinya atau dari sumber-sumber lainnya.
Penyuntingan dapat diartikan sebagai proses penyiapan naskah atau karangan yang siap cetak
atau siap terbit dengan memperhatikan sistematika penyajian, isi, dan bahasa. Teks berita
adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah
terjadi. Peneliti tertarik memilih judul ini karena pada zaman sekarang siswa masih kurang
mengetahui terkait penyuntingan teks berita dengan menggunakan problem based learning.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana
perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam menyunting teks berita pada
siswa kelas VIII di MTsN 2 Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan model pembelajaran
problem based learning dalam menyunting teks berita pada siswa kelas VIII di MTsN 2
Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil pencapaian menyunting teks berita dengan
menggunakan problem based learning pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informanya
adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa MTsN 2 Pamekasan. Pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan model pembelajaran
problem based learning dalam menyunting teks berita pada siswa kelas VIII di MTsN 2
Pamekasan yaitu guru harus mempersiapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, guru
juga mempersiapkan RPP terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai. (2) Siswa sudah bisa
paham pada proses pembelajaran yang disampaikan untuk bisa memecahkan masalah juga
diharapkan siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. (3) Siswa sudah bisa memahami
penyuntingan teks berita yang baik dan benar. Pada proses pembelajaran yang disampaikan
untuk bisa memecahkan masalah juga diharapkan siswa lebih berperan aktif dalam
pembelajaran dan lebih aktif dalam mengembangkan cara berpikir kritis untuk menemukan
pengetahuan baru serta peningkatan karakter dalam kehidupan nyata.
Tidak tersedia versi lain