Text
Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPA 2 MA. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci : Metode Resitasi, Pembelajaran, Teks Eksposisi
Metode Resitasi merupakan metode yang dalam proses pembelajarannya guru
memberikan tugas agar peserta didik melaksanakan kegiatan belajar. Proses pembelajaran
peserta didik dapat mengerjakan di kelas, di rumah, asalkan tugas yang diberikan dapat
selesai tepat waktu. Metode ini digunakan karena keterbatasan waktu pembelajaran. Agar
materi pembelajaran selesai dengan alokasi yang sudah ditentukan, maka guru
menggunakan metode ini untuk mengatasinya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti
merumuskan tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana
perencanaan metode resitasi dalam pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X IPA 2 MA.
Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan metode
resitasi dalam pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X IPA 2 MA. Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode resitasi dalam pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X IPA 2 MA. Miftahul
Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif yang berlatar belakang di
MA. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu
dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan dalam penerapan
metode resitasi, Guru membuat dan mempersiapkan RPP. Menyiapkan silabus dan buku
pegangan (Buku LKS). (2) Pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran terdapat
beberapa langkah: Fase pemberian tugas: tujuan pembelajaran materi teks eksposisi, jenis
tugas yang jelas, penentuan penugasan disesuaikan dari tingkat kesulitan tugas yang
diberikan, bantuan sumber berupa LKS, tenggat waktu yang cukup fleksibel. Fase
pelaksanaan tugas: guru mengawasi siswa saat pengerjaan tugas, guru memberikan
dorongan agar siswa mau mengerjakan tugas, mengawasi agar siswa mengerjakan tugas
dengan hasil usaha sendiri, mengarahkan agar siswa mengerjakan tugas dengan baik dan
sesuai tujuan pembelajaran. Fase mempertanggung jawabkan tugas: mengecek hasil tugas
yang sudah dikerjakan, memberikan kuis/tanya jawab, memberikan penilaian sesuai hasil
tugas yang dikerjakan. (3) faktor pendukung dalam penerapan metode resitasi dalam
pembelajaran teks eksposisi adalah siswa yang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran,
siswa yang mengerjakan dan mempertanggung jawabkan tugas secara mandiri , dapat
merangsang kreativitas siswa dalam menyimpulkan pendapat anggota kelompoknya.
Adapun faktor penghambat dalam penerapan metode resitasi dalam pembelajaran teks
eksposisi adalah, alokasi waktu yang sangat terbatas, siswa yang sulit di kontrol dalam
pengerjaan tugas, kemampuan siswa yang berbeda-beda, siswa yang malas, dan siswa
yang tidak aktif dalam aktivitas penugasan secara berkelompok
Tidak tersedia versi lain