Text
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Menggunakan Media Pohon Penjumlahan Pada Siswa Kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan
Kata Kunci : Berhitung, Media Pohon Penjumlahan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kesulitan antara lain guru hanya dalam
menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada
penjelasan serta kurangnya penggunaan media yang dapat membantu siswa dalam melakukan
latihan perhitungan sehingga rendahnya pengetahuan berhitung siswa. Sehingga perlu adanya
penerapan media yang sesuai dengan materi operasi bilangan penjumlahan yaitu media pohon
penjumlahan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti, pertama,
untuk mengetahui perencanaan penerapan media pohon penjumlahan dalam meningkatkan
kemampuan berhitung siswa pada siswa kelas 1 SDN Blumbungan 1 Larangan Pamekasan.
Kedua, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pohon
penjumlahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada siswa kelas 1 SDN
Blumbungan I Larangan Pamekasan. Ketiga, untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran
dengan menggunakan media pohon penjumlahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung
siswa pada siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Laranga Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan yang berjumlah 12 orang.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II maka
diketahui bahwa media pohon penjumlahan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa
kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Sebelum diberikan tindakan atau pra siklus
, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 25% setelah diadakannya siklus I nilai siswa
naik dengan persentase 41,66%. Pada siklus I ketuntasan belajara siswa belum berhasil maka
peneliti melanjutkan pada siklus II dengan persentase 83,33%. Disimpulkan bahwa penerapan
media pohon penjumlahan ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SDN
Blumbungan I Larangan Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru kelas 1 pada
pelajaran matematika hendaknya menggunakan media pohon penjumlahan dalam kegiatan
berhitung penjumlahan yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan
penelitian lanjutan dari peneliti ini dengan aspek yang lain.
Tidak tersedia versi lain