Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Talking Stick Di Kelas VII B Mtsn 2 Pamekasan,
Kata Kunci: Upaya Guru, Metode Talking Stick, Keterampilan Berbicara
Upaya guru adalah upaya yang dilakukan dengan ikhtiar dan usaha agar
proses belajar mengajar berjalan dengan lancar sehingga peserta didik dapat belajar
dengan baik dan aktif di kelas, dengan seiring berkembangnya zaman banyak metode
pembelajaran yang bisa membuat siswa semangat belajar seperti Metode
pembelajaran talking stick adalah metode pembelajaran yang dalam penerapannya
menggunakan bantuan sebuah tongkat siapa yang memegang tongkat siswa itulah
yang harus maju kedepan untuk menceritakan kembali cerita fabel tersebut, dalam
keterampilan berbicara siswa, siswa dituntut supaya berani maju kedepan dan mampu
berbicara dalam keterampilan berbicaranya, selain itu guru juga wajib memberikan
contoh untuk mensuport siswa dalam memberanikan diri maju kedepan kelas,
sehingga mencapai suatu keberhasil dalam proses belajar mengajar.
Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana
upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran cerita
fabel bahasa Indonesia dengan menggunakan metode talking stick di kelas VII B
Mtsn 2 pamekasan? Kedua, Bagaimana keterampilan berbicara siswa pada
pembelajaran cerita fabel bahasa Indonesia dengan menggunakan metode talking
stick di kelas VII B Mtsn 2 Pamekasan? Ketiga, apa faktor pendukung dan
penghambat guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran
cerita fabel bahasa Indonesia di kelas VII B Mtsn 2 pamekasan?
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data yang diperoleh yakni
dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumberdatanya yakni, kepala
sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII B Mts Negeri 2 Pamekasan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, adanya upaya yang guru terapkan
dalam keterampilan berbicara kepada siswa dengan menggunakan metode talking
stick pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu membuat RPP, silabus, menyediakan
tongkat dan media pembelajaran yang sesuai. Kedua, diterapkannya keterampilan
berbicara siswa dengan membacakan kembali cerita fabel yang ada di buku paket
dengan diterapkan juga metode talking stick. Ketiga, adanya faktor pendukung dan
penghambat dalam menerapkan keterampilan berbicara menggunakan metode talking
stick dalam cerita fabel.Di dalam faktor pendukung memberikan contoh berbicara,
membiasakan keberanian siswa untuk maju kedepan kelas, dan siswa tertib di dalam
kelas. Adapun faktor penghambat seperti siswa takut untuk maju kedepan kelas dan
siswa tidak tertib dalam kelas
Tidak tersedia versi lain