Text
Penerapan Dasadarma Butir ke Delapan pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa di MI An Nawari Sera Tengah Bluto Sumenep
Kata Kunci: Penerapan Dasadarma Butir ke Delapan, Pramuka, Karakter
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya perbedaan karakter antara
siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka,
khususnya di MI An Nawari Sera Tengah Bluto Sumenep. Di mana karakter yang
dimiliki oleh siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka
cenderung kurang baik, apalagi dalam hal kedisiplinan dan juga keberanian siswa.
Seperti halnya siswa datang ke sekolah tidak tepat waktu, dan siswa kurang
memiliki keberanian pada saat ditunjuk oleh guru untuk berbicara di depan kelas.
Sedangkan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki
karakter yang sebaliknya (karakter baik). Dari perbedaan-perbedaan tersebut
membuat peneliti tertarik untuk membahas bagaimana penerapan dasadarma pada
kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa, khususnya
dasadarma pramuka butir ke delapan yaitu disiplin, berani dan setia.
Sehingga dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yaitu:
Pertama, bagaimana penerapan dasadarma pramuka butir ke delapan dalam
membentuk karakter siswa MI An Nawari? Kedua, bagaimanakah implikasi
kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada penerapan dasadarma butir ke delapan
terhadap pembentukan karakter siswa?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh peneliti melalui dua cara yaitu
sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan prosedur pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah
kepala madrasah, pembina pramuka, dan beberapa siswa anggota pramuka.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, serta triangulasi.
Adapun hasil yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa dalam proses penerapan dasadarma pramuka butir ke delapan dalam
membentuk karakter siswa MI An Nawari dilaksanakan dengan beberapa cara
yaitu: pertama mengadakan kegiatan apel pramuka, kedua penyampaian materi di
dalam kelas, ketiga praktek kepramukaan di luar kelas/alam terbuka dengan
menggunakan metode kepramukaan belajar sambil melakukan dengan sistem
beregu. Sedangkan untuk implikasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada
penerapan dasadarma butir ke delapan terhadap pembentukan karakter siswa yaitu
disiplin waktu, disiplin sikap atau perbuatan, serta percaya diri.
Tidak tersedia versi lain