Text
Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pamekasan
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Small Group Discossion, Teks Eksplanasi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin rendahnya daya tangkap
siswa terhadap pemahaman pembelajaran teks eksplanasi. Salah satu hal yang
dapat dijadikan sebagai penunjang untuk menimalisir permasalah tersebut adalah
dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif
untuk menunjang minat siswa terhadap proses pembelajaran tersebut. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan metode pembelajaran
yang mampu menjawab permasalahan di atas yakni, metode pembelajaran small
group discussion.Adapun fokus penelitian skripsi yang peneliti rumuskan yaitu:
Pertama, Bagaimanakah perencanaan metode pembelajaran small group
discussion dalam pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Pamekasan? Kedua, Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran small group
discussion dalam pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Pamekasan? Ketiga, Bagaimanakah hasil dari metode pembelajaran small group
discussion dalam pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif.
Adapunprosedur pengumpulan data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara,
observasi, dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni, kepala
sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pamekasan.
Sedangkan Pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dantriangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, guru pengampu mata
pelajaran Bahasa Indonesia yaitu, mempersiapkan dan membaca Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, guru membagi siswa ke dalam
kelompok heterogen, memberikan lembaran yang berisi teks eksplanasi, siswa
berdiskusi, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi. Kendala dalam
penerapan metode pembelajaran small group discussion yaitu dari segi penilaian
yang kurang objektif, kurangnya kekompakan antara siswa dalam kelompok
tertentu dan terdapat siswa yang pasif dan hanya berpangku kepada siswa yang
aktif. Solusi yabg di terapkan oleh guru yaitu guru memberikan kesempatan bagi
siswa untuk memberikan pendapat dan tangapan, guru membagi kelompok secara
heterogen, guru mengintruksikan kepada siswa untuk membagi tugas. Ketiga,
meningkatkan semangat belajar siswa, meningkatan keaktifan siswa dalam proses
diskusi, dalam penerapan metode pembelajaran small group discussion dalam
pembelajaran teks eksplanasi mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran, hal tersebut di buktikan oleh hasil rekap nilai siswa.
Tidak tersedia versi lain