Text
Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Baca Tulis Hitung menggunakan metode picture and picture kelas 2 di SDN Candiburung 1 Proppo Pamekasan
Kata kunci: Calistung, Picture and picture
Salah satu strategi guru dalam menerapkan pembelajaran baca tulis hitung menggunakan
metode picture an picture kelas 2 seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar didalam
kelas agar berjalan dengan baik sesuai dengan metode yang diterapkan oleh guru. Menurut
penjelasan kepala sekolah di SDN Candiburung 1 Proppo Pamekasan bahwa, guru disana sudah
menerapkan pembelajaran baca tulis hitung menggunakan metode pictue and picture dalam
membantu siswa mudah mengingat, merefleksi dan total respon yang baik di kelas dengan
menggunakan metode picture and picture kelas 2. Hal tersebut merupakan Strategi guru sendiri
namun penelitian ini menganalisis apa yang dimaksud calistung dan picture and picture tersebut.
Adapun dua fokus penelitian dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana strategi guru dalam
menerapkan pembelajaran baca tulis hitung (CALISTUNG) menggunakan metode picture and
picture kelas 2 di SDN Candiburung 1 Proppo Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan
penghambat strategi guru dalam menerapkan pembelajaran baca tulis hitung (CALISTUNG)
menggunakan metode picture and picture kelas 2 di SDN Candiburung 1 Proppo Pamekasan.
Penelitian ini berujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menerapkan pembelajaran baca
tulis hitung menggunakan metode picture an picture di SDN Candiburung 1. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Penelitian memperoleh data
dari observasi, wawancara, dan dokmentasi. Informan penelitian ini adalah seorang guru kelas,
kepala sekolah, dan siswa di SDN Candiburung 1. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data
dan kekuatapegamatan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian. pertama, guru menyiapkan tema dengan tujuan dalam proses
pembelajaran terarah sebagaimana mestinya, guru menyiapkan media pembelajaran picture and
picture sebagai media untuk melaksanakan pembelajaran calistung, guru membagi kelompok pada
siswa yang pintar dan yang tidak dengan disamaratakan sehingga siswa yang tidak mampu dapat
dibantu oleh siswa yang mampu, guru memberikan stimulus untuk merangsang siswa, guru
meminta siswa untuk mengamati sekaligus mendiskusikan apa yang telah dipelajari, setelah
berdikusi perwakilan dari setiap kelompok saya meminta maju untuk menyampaikan hasil dari
diskusi dengan kelompoknya. Kedua faktor pendukung dan penghambatnya adalah Faktor
pendukungnya yaitu adanya dukungan dari guru kelas 2 yang mendesain metode
Tidak tersedia versi lain