Text
Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk Melatih Soft Skill Siswa di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan
Kata Kunci: Projek, Pancasila, Soft Skill
Terlahirnya peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila adalah
tanggung jawab setiap pendidik dalam setiap aktivitas pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila
untuk melatih Soft Skill siswa, untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan,
asesmen, dan manfaat penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk
melatih Soft Skill siswa di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Cara untuk memperoleh data penenelitian yaitu melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu
kepala madrasah, guru kelas 6 dan siswa kelas 6. Pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan observasi yang diperdalam.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Kepala madrasah membentuk tim
fasilitator projek profil dengan menentukan seorang koordinator projek profil,
Guru kelas merencanakan P5 dalam beberapa tahapan. Pelaksanaan P5 yaitu
diawali dengan guru mengajak peserta didik melihat situasi nyata yang terjadi di
dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya memberi pertanyaan tentang alur
pengolahan sampah. Kemudian dari modul tersebut peserta didik secara
berkelompok menyimak alur kegiatan projek. Setelah itu mereka melakukan
kegiatan projek sebagaimana yang telah ditentukan. Setelah kegiatan projek
selesai, guru bersama peserta didik melakukan refleksi. Asesmen/evaluasi P5
yaitu menggunakan portofolio dan alatnya menggunakan rubrik. Dalam
perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase
peserta didik dimasukkan ke dalam kategori mulai dan sedang berkembang,
sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat
berkembang. Ada dua asesmen dalam P5 yaitu asesmen formatif dan asesmen
sumatif. Manfaat P5 terhadap Soft skill Siswa di MI Miftahul Ulum bajur waru
pamekasan, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5)
bernalar kritis, dan 6) kreatif. Kelima: Faktor pendukung dalam plaksanaan P5
yaitu Guru adalah orang berpengaruh dan aktif dalam pelaksanaan P5, dan
dukungan dari orang tua antusias dalam mendukung program madrasah.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Suatu prasarana kurang memadai, tidak
ikut berperan dalam penerapan P5, siswa tidak membawa bahan-bahan proyek,
gaduh dan bermain sendiri, dan kurangnya BIMTEK kepada guru kelas dalam
penerapan P5 dari pihak madrasah.
Tidak tersedia versi lain