Text
Perbandingan Pengaruh Metode Show and Tell dan Metode Pembelajaran Berbasis Penelitian beserta Presentasi terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 3 Pamekasan,
Kata kunci: Metode Show and Tell, Metode Pembelajaran Berbasis
Penelitian dan Presentasi Keterampilan Berbicara
Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang dalam
mengutarakan ide dan gagasan secara lisan. Kegiatan ini sebenarnya sudah
sering dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi,
mereka masih sulit untuk berbicara didepan umum, seperti dikelas ketika
presentasi. Hal ini disebabkan karena mereka tidak terbiasa atau metode
pembelajaran yang digunakan masih kurang efektif. Oleh karena itu,
dibutuhkan sebuah inovasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara
siswa dengan adanya salah satu pendekatan pembelajaran show and tell
dan pembelajaran berbasis penelitian beserta presentasi yang dapat
memotivasi siswa, serta efektif dalam melatih keterampilan berbicara
siswa dan berpikir kritis.
Berdasarkan deskripsi tersebut, tujuan dari penelitian ini ada dua,
yaitu: untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap
keterampilan berbicara siswa SMAN 3 Pamekasan dan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh metode show and tell dan metode berbasis riset
serta presentasi tersebut terhadap keterampilan berbicara siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan menggunakan desain
penelitian between-subjects design. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas X-A dan X-C SMAN 3 Pamekasan. Sampel yang digunakan
adalah cluster sampling karena sampel ini meneliti siswa secara
berkelompok dengan berisi 6 orang dalam setiap kelompok. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes praktik, dokumentasi, serta hasil
kerja siswa.
Kedua metode pembelajaran ini mendapatkan nilai rata-rata 21,3
untuk metode penelitian dan presentasi, dan 17,4 untuk metode show and
tell.Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, Pertama tidak terdapat
pengaruh pada penggunaan metode show and tell terhadap keterampilan
berbicara pada siswa kelas X-A SMAN 3 Pamekasan. Hal tersebut
dibuktikan dengan menggunakan uji t test. Pada uji tersebut, ditemukan
nilai thitung sebesar 4,9, sedangkan nilai yang dihasilkan ttabel sebesar
2,1447. Dari hasil yang diperoleh pada rumus uji t yang digunakan,
membuktikan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima dengan taraf signifikan
Tidak tersedia versi lain