Text
Penerapan Kegiatan Pramuka Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Introvert di MI Nurus Salafiyah Camplong Sampang
Kata Kunci : Pramuka, Percaya Diri, Introvert
Percaya diri merupakan aspek kepribadian yang berupa keyakinan tehadap
kemampuan seseorang sehingga tidak berpengaruh dengan orang lain. Penyebab
kurangnya rasa percaya diri siswa yaitu kurangnya bersosialisasi, rasa minder, dan
lain sebagainya. Hal ini terjadi pada siswa introvert, siswa introvert tidak banyak
berbicara, lebih sering diam, tertutup dan menyendiri.
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka fokus penelitian ini yaitu
pertama Bagaimana penerapan kegiatan pramuka dalam menumbuhkan rasa
percaya diri siswa introvert di MI Nurus Salafiyah Camplong Sampang?. Kedua
yaitu Apa saja faktor penghambat dan pendukung pada penetapan kegiatan
pramuka dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa introvert di MI Nurus
Salafiyah Camplong Sampang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif dimana sumber data diperoleh dari wawancara,
observasi, dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru/pembina pramuka
dan siswa, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dan kekuatan pengamatan
melalui tringulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, memberikan
pembentukan percaya diri yang baik pada siswa introvert pada kegiatan pramuka,
memberikan arahan, dukungan serta motivasi kepada siswa introvert melalui
kegiatan pramuka, selalu mendampingi siswa introvert untuk selalu percaya diri.
Kedua, faktor pendukung pada penerapan kegiatan pramuka dalam menumbuhkan
rasa percaya diri siswa introvert di MI Nurus Salafiyah, motivasi serta dukungan
kepada siswa introvert, kondisi fisik dan mental siswa introvert yang baik. Adapun
faktor penghambatnya kurangnya dukungan dari keluarga, dan sulitnya siswa
introvert untuk beradaptasi dengan teman atau gurunya.
Tidak tersedia versi lain