Text
Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 7 Pamekasan,
Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pembalajaran, Bahasa
Indonesia.
Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum pembelajaran yang berkaitan
dengan pendekatan dan minat siswa. Fokus dari pada merdeka belajar adalah
kebebasan berpikir kreatif dan mandiri. Penerapan kurikulum merdeka diharapkan
menjadi program untuk pemulihan dalam pembelajaran. Oleh karena ini peneliti
tertarik untuk mengetahui dan mengkaji tantang Penerapan Kurikulum Merdeka
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 7 Pamekasan.
Panelitian ini membahas tentang Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 7 Pamekasan sebagai
salah satu sekolah menengah pertama negeri yang melaksanakan kurikulum
merdeka secara bertahap. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII
dan mengetahui dampak yang dirasakan sekolah dan guru selama pelaksanaan
kurikulum merdeka.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitaif deskriptif yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan
perilaku yang diamati. Data primer pada penelitian ini berupa transkrip dari hasil
wawancara semi terstruktur adapun data sekunder (pendukung) yaitu dokumentasi
dan observasi kelas pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan
kurikulum merdeka. Sumber data penelitian diperoleh dari Kepala Sekolah, waka
kurikulum, dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 7
Pamekasan. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari observasi kelas dan
dokumentasi pelaksnaan pembelajaran kurikulum merdeka pada pelajaran Bahasa
Indonesia. Analisis data dilalukan secara bertahap dengan mereduksi data,
menyajikan data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. data primer diperoleh dari beberapa
sumber yang memiliki sudat pandang yang berbeda.
Hasil penelitian tentang penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan yaitu; Diawali dengan
sosialisasi kepala sekolah dan motivasi guru dalam mempelajari konsep kurikulum
merdeka. Penerapan kurikulum berjalan dengan lancar dan baik. Meski di awal
pelaksanaannya membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu, namun guru-guru
dapat mengatasi dan melaksanakan kurikulum merdeka dengan maksimal. Dampak
dari penerapan kurikulum merdeka diantaranya; sekolah bisa menentukan
karakteristik dan konsep pelakasaan kurikulumnya sendiri; guru diberikan ruang
untuk bisa berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan suasana belajar yang
menyenagkan dan sesuai dengan kebutuhan siswa; dan untuk siswa sendiri dengan
suasana belajar yang baru dan menyenangkan, minat dan motivasi belajar siswa
semakin meningkat. Melalui merdeka balajar, siswa mendapat banyak kesempatan
untuk menjadi siswa yang terampil, kreatif, terpelajar, dan berpacasialis sejati.
Tidak tersedia versi lain