Text
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI. Miftahul Ulum Rombiya Timur
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena perkembangan teknologi gadget
yang sangat pesat dan hampir semua golongan masyarakat menjadi pengguna dari
alat-alat teknologi jenis gadget, tak terkecuali kaum pelajar yang masih di usia
sekolah dasar khususnya siswa di MI. Miftahul Ulum Rombiya Timur sudah
menjadi bagian dari pengkonsumsi gadget dimana hal tersebut tentunya menjadi
salah satu faktor yang berdampak dan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa di MI. Miftahul Ulum (2)
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi
belajar siswa MI. Miftahul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis
data Regresi Linier sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi dan angket penggunaan gadget. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI yang berjumlah 28
siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Uji coba instrumen angket
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji
normalitas, linieritas, dan heterokedastisitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
Gadget terhadap prestasi belajar siswa di MI. Miftahul ulum. Hal itu diketahui
berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar -3,606. thitung bernilai negatif yang
artinya pengaruhnya berlawanan. Dalam konteks seperti ini thitung negatif dapat
diartikan positif sehingga nilai thitung menjadi 3,606> ttabel2,056 pada taraf
signifikan a = 0,05 dengan nilai Sig. sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi belajar
siswa di MI.Miftahul Ulum. Uji statistik regresi linier sederhana dengan
menggunakan R-Square pada perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai
sebesar 0,333 yang berarti besarnya pengaruh penggunaan gadget terhadap
prestasi belajar siswa adalah sebesar 33,3 % sedangkan 66,7 % prestasi belajar
dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain