Text
Peningkatan Kreativitas Siswa Mata Pelajaran PAI Materi Puasa Kelas V SDS Islam Az-Zahra Tanjung Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
Kata Kunci: Kreativitas, Puasa, Facilitator, Explaining.
Di era globalisasi seperti sekarang ini siswa dituntut untuk terus mampu
mengikuti perubahan paradigma yang berlaku. Peningkatan kreativitas siswa
dapat memebentuk pola pembelajaran PAI. Siswa kelas V SDS Islam Az-Zahra
mengalami kesulitan dalam meningkatkan kreativitas diri. Kebanyakan siswa
masih sangat sulit untuk menyesuaikan kemampuannya dengan kurikulum yang
diberlakukan. Hal itu akan mempersulit siswa untuk mengembangkan kreativitas
yang dimilikinya, dengan model pembelajaran student facilitator and explaining
mampu memberikan peningkatan kreativitas terhadap diri siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
yang pertama, apakah penerapan model pembelajaran SFAE dapat meningkatkan
kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI materi puasa. Kedua, bagaimana
langkah-langkah penggunaan model pembelajaran SFAE dalam meningkatkan
kreativitas siswa pelajaran PAI materi puasa. Ketiga, apa saja faktor yang dapat
menghambat peningkatan kreativitas siswa mata pelajaran PAI materi puasa kelas
V SDS Islam Az-Zahra Tanjung Sampang melalui model pembelajaran Student
Facilitator And Explaining. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran
student facilitator and expalining dengan data berdasarkan observasi, tes dan
dokumentasi. Hipotesis dari penelitian ini yaitu model pembelajaran student
facilitator and explaining diduga dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata
pelajaran PAI materi puasa di kelas V SDS Islam Az-Zahra. Adapun tujuan dari
penelitian ini ialah dapat menjelaskan penerapan model pembelajaran student
facilitator and explaining untuk peningkatan kreativitas siswa, langkah-langkah
penggunaan model pembelajaran dan untuk mengetahui faktor penghambat dari
kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI materi puasa di kelas V SDS Islam AzZahra.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran student
facilitator and explaining dapat meningkatkan kreativitas siswa mata pelajaran
PAI materi puasa kelas V SDS Islam Az-zahra Tanjung. Adapun untuk faktor
penghambat dari peningkatan kreativitas siswa ialah kurangnya pemanfaatan
model pembelajaran, siswa tidak aktif dalam berdiskusi, siswa tidak bisa
menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari dan siswa sulit bertanya pada
saat pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian dengan dua siklus dengan masingmasing siklus ada dua pertemuan diperoleh peningkatan terhadap kreativitas siswa
yang dapat dilihat dari nilai yang diperoleh dari setiap siklus.
Tidak tersedia versi lain