Text
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Keaktifan belajar, Metode Inkuiri, Pembelajaran IPA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa
terhadap mata pelajaran IPA. Hal itu terjadi disebabkan karena rasa bosan, tidak
percaya diri yang dimiliki siswa. Kondisi ini membuat mereka terhambat dalam
melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu adanya penerapan metode yang
sesuai dengan pelajaran IPA yaitu metode inkuiri. Dalam penelitian ini bertujuan
untuk menerapkan metode Ikuiri dan hasil penerapan metode Inkuiri pada
pembelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN
Tanjung 4 Pademawu Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tanjung 4 Pademawu
Pamekasan yang berjumlah 12 orang. Dalam penelitian ini siswa dikatakan
berhasil jika memiliki nilai 70. Penelitian ini, antara peneliti dan guru kelas IV
SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan mengadakan kolaborasi untuk
menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam suatu
pembelajaran. Dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus
terdapat kegiatan perencanaan meliputi: mengembangkan RPP menyiapkan
lembar instrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan meliputi tindakan
penelitian pada pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel, observasi yang
dilakukan saat proses pembelajaran, dan refleksi yag dilakukan untuk memikirkan
dan mengkaji hasil tindakan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan
hasil penelitian yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II maka
diketahui bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas
IV SDN Tanjung 4 Pademawu Pamekasan, yaitu, pertama, Pra tindakan
menunjukkan bahwa kemampuan keaktifan belajari siswa masih berada di posisi
rendah dengan nilai 137 dengan rata-rata 53,33dan presentase 25%. Kedua, Siklus
I nilai siswa naik mencapai 160 dengan rata-rata 65,47 dan presentase 41,67%.
Ketiga, Siklus II dengan jumlah nilai 186 dengan rata-rata mencapai 15,42 dan
presentase 75%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode nkuiri dapat
meningkatkan keaktifan belajar sisw
Tidak tersedia versi lain