Text
Penerapan Strategi TV Commercial Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI di SDN Kowel 1 Pamekasan
Kata Kunci: Strategi TV Commercial, Keterampilan Menulis Iklan
Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran ada di tangan seorang guru.
Tugas guru tidak hanya menyampaikan materi saja tetapi juga memotivasi siswa
agar dalam keterampilan menulis iklan sangat baik. Salah satu hal yang dapat
guru lakukan untuk mendorong keterampilan menulis iklan siswa dengan
menerapkan strategi TV Commercial, berdasarkan hal tersebut ada tiga
permasalannya yaitu: pertama, bagaimana penerapan strategi TV Commercial
untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VI di SDN Kowel 1 Pamekasan, kedua bagaimana hasil
penerapan strategi TV Commercial untuk meningkatkan keterampilan menulis
iklan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI di SDN Kowel 1
Pamekasan, ketiga bagaimana respon siswa setelah menerapakan strategi TV
Commercial untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VI di SDN Kowel 1 Pamekasan.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian
sebanyak 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan
dokumentasi.
Penerapan strategi TV Commercial dapat diterapkan untuk meningkatkan
keterampilan menulis iklan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, karena
strategi ini mampu merangsang keaktifan siswa, mengajak siswa belajar sambil
bermain, menumbuhkan rasa solidaritas serta sikap toleransi antar anggota
kelompok dan materi yang selalu diingat oleh siswa. Adapun langkah-langkah
dalam penerapan strategi TV Commercial yaitu Bagilah kelas ke dalam kelompokkelompok kecil yang tidak lebih dari 4-6 peserta didik, Mintalah kelompok
tersebut membuat iklan yang mencerminkan inti pembelajaran, Iklan hendaknya
berisi sebuah slogan atau visualisasi (misalnya, kata-kata imajinatif). Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan penerapan strategi TV Commercial dapat
meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VI di SDN Kowel 1 Pamekasan. Hasil penelitian sebelum diberi
tindakan menunjukkan bahwa keterampilan menulis iklan siswa masih rendah,
nilai rata-rata kelas hanya mencapai 64 dan persentase ketuntasan siswa 26%,
pada siklus I dengan menerapkan strategi TV Commercial, nilai rata-rata
meningkat menjadi 77 dan persentase ketuntasan siswa 52,63%. Pada siklus II
hasil Nilai rata-rata kelas menjadi 88 dan persentase ketuntasan siswa yaitu 84%.
Selain itu, tingkat keterampilan menulis iklan siswa meningkat melalui analisis
data angket dengan melihat respon siswa dari siklus I 84,73% siklus II menjadi
87,3
Tidak tersedia versi lain