Text
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pada Siswa Kelasx MA Al-Miftah Dempo Barat Pasaen Pamekasan
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Keterampilan berbahasa pada dasarnya terdiri atas empat keterampilan, yaitu
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan tersebut
keterampilan menulislah yang dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih.
Dimana Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks, siswa tidak
hanya menuangkan ide tetapi, siswa juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep,
perasaan, dan kemauan. Sehingga peningkatan keterampilan menulis itu harus diterapkan
agar siswa bisa memahami dan juga keterampilannya dalam menulis lebih ditingkatkan lagi
utamanya dalam karya tulis ilmiyah (KTI).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana upaya meningkatkan
keterampilan menulis Melalui karya tulis ilmiah (KTI) Pada siswa kelas X MA Al-Miftah
dan juga bagaimana peningkatan keterampilan menulis karya tulis ilmiyah (KTI) siswa kelas
X MA Al-Miftah.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindak Kelas
(PTK) dengan dua siklus.Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan,
drefleksi.Serta evaluasi.Sedangkan subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas X MA AlMiftah Dempo Barat Pasaen Pamekasan, pengumpulan data menggunakan tes tulis,
wawancara, observasi, dokumentasi, dan instrument pengumpulan data menggunakan tes,
lembar pengamatan yang berupa karya tulis ilmiah, adapun analisis data yang dilakukan
secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian tentang keterampilan menulis melaui karya tulis ilmiah (KTI) pada
siswa kelas X MA Al-miftah dari hasil proses penerapan keterampilan menulis dapat
meningkatkan siswa dalam membuat karya tulis ilmiah, siswa lebih senang dan lebih antusias
dalam penerapan karya tulisan ilmiah,karena hal tersebut dapat menghilangkan rasa jenuh
dan bosan siswa ketika berada di dalam kelas. Penerapan keterampilan menulis melalui karya
tulis ilmiah (KTI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan imajinasi siswa dalam
merangkai kata demi kata, sedangkan faktor penghambat yaitu siswa kurang termotivasi dan
belum ada pengembangan maupun bahan ajar dan media ajar yang dapat menarik mutivasi
siswa. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang diperoleh pada pra siklussebesar 42,4, siklus I
sebesar 58,6 dan pada siklus II sebesar 79,8. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari
siswa pada saat pra siklus, siklus I, dan siklus II maka dapat diketahui bahwa penelitian ini
yang dilakukan oleh peneliti terbukti berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis
melaui karya tulis ilmiah pada siswa kelas X MA Al-Miftah Dempo Barat Pasean
Pamekasan, karena telah melebihi angka yang ditarget pada indikator keberhasilan
Tidak tersedia versi lain