Text
Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share dalam Bermain Drama pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan
Kata Kunci: Metode Kooperatif Think pair Share, Bermain Drama
Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Metode Pembelajaraan
Kooperatif Think Pair Share Dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas XI SMA
Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan yang masih belum sempurna dalam
Bermain Drama. Pertama, bagaimana Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif
Think Pair Share dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul
Ulum Banyuanyar Pamekasan? Kedua, apa saja faktor pendorong dan penghambat
penggunan Metode Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share Dalam Bermain
Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan?
Ketiga, apa solusi Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share
dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar
Pamekasan?
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, sumber data yang
diperoleh melalui wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi, yang
menjadi informan adalah guru dan siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian dari Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif
Think Pair Share Dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul
Ulum Banyuanyar Pamekasan melalui tiga tahapan. Tahap pertama terdiri dari
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tahap kedua, faktor pendorong
Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share Dalam Bermain
Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan
terdiri dari dukungan dari kekonsistenan guru dalam mengajar, penggunaan media
pembelajaran sesuai dengan prosedur sedangakan faktor penghambatnya dalaah
tertidur di dalam kelas saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, dan
lambatnya dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan yang
ketiga, solusi dari Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Think Pair Share
Dalam Bermain Drama Pada Siswa Kelas XI SMA Tahfidz Darul Ulum Banyuanyar
Pamekasan ialah seorang guru harus bisa menjadikan suasana lebih aktif dengan cara
memberikan permainan yang mendidik dan sesuai dengan mata pelajaran yang
diajarkan kepada siswa dan selalu konsisten dalam mengajar
Tidak tersedia versi lain