PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan

Miftakhul Ryiskiyah Putri - Nama Orang;

Kata Kunci : Metode Mind mapping, Keterampilan Menulis, Teks Pidato
Persuasif
Penelitian ini mengungkapkan cara guru dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMPN 4 Pamekasan, yang meliputi cara guru mempersiapkan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, kesulitan guru
dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah siswakelas IX di SMPN 4 Pamekasan dan objek
penelitian ini adalah pembelajaran Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara , dokumentasi dan
instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data hasil penelitian
menggunakan triangulasi. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif
yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan
utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Pada penelitian ini disesuaikan dengan ada 2 fokus penelitian. Pertama,
bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato
Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor
penghambat dan pendukung dari Penerapan Metode Mind Mapping Pada
Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) perencanaan persiapan
pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) yang telah dimodifikasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan
menerapkan metode mind mapping yang disesuaikan dengan materi dan situasi
kelas; (3) penilaian dan evaluasi pembelajaran lebih banyak dilakukan dalam
bentuk tes tertulis untuk menilai kemampuan siswa. (4) faktor penghambat yaitu
kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah adanya
siswa yang kurang paham mengenai cara menulis teks pidato persuasif dengan baik
didik secara adil dan manajemen waktu yang baik


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 172023027 MIF P
172023027
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172023027 MIF P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172023027
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?