Text
Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan
Kata Kunci : Metode Mind mapping, Keterampilan Menulis, Teks Pidato
Persuasif
Penelitian ini mengungkapkan cara guru dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMPN 4 Pamekasan, yang meliputi cara guru mempersiapkan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, kesulitan guru
dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah siswakelas IX di SMPN 4 Pamekasan dan objek
penelitian ini adalah pembelajaran Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara , dokumentasi dan
instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data hasil penelitian
menggunakan triangulasi. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif
yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan
utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Pada penelitian ini disesuaikan dengan ada 2 fokus penelitian. Pertama,
bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato
Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor
penghambat dan pendukung dari Penerapan Metode Mind Mapping Pada
Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) perencanaan persiapan
pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) yang telah dimodifikasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan
menerapkan metode mind mapping yang disesuaikan dengan materi dan situasi
kelas; (3) penilaian dan evaluasi pembelajaran lebih banyak dilakukan dalam
bentuk tes tertulis untuk menilai kemampuan siswa. (4) faktor penghambat yaitu
kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah adanya
siswa yang kurang paham mengenai cara menulis teks pidato persuasif dengan baik
didik secara adil dan manajemen waktu yang baik
Tidak tersedia versi lain