Text
Penerapan Metode Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sampang
Kata Kunci: Latihan Terbimbing, Menulis, Cerita Pendek
Metode latihan terbimbing merupakan metode pembelajaran yang
dilakukan oleh guru kepada siswa guna menumbuhkan keterampilan pada siswa.
Penelitian ini berfokus pada penerapan, manfaat, dan kendala metode latihan
terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek kelas XI IPA
SMA Negeri 2 Sampang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
penerapan, manfaat, dan kendala dari penerapan metode latihan terbimbing dalam
pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 2 Sampang. Latar belakang melakukan penelitian tentang penerapan
metode latihan terbimbing dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita
pendek untuk mengetahui bagaimana cara penerapan metode latihan terbimbing
dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek.
Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi langsung di SMA
Negeri 2 Sampang. Adapun pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yaitu
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk membandingkan
dan melakukan pengecekan kembali infromasi yang diperoleh melalui waktu dan
alat yang berbeda dalam penelitian kuliatatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu guru merencanakan pembelajaran atau yang
disebut dengan pra pembelajaran dengan menyiapkan RPP, buku ajar, metode
pembelajaran, dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Setelah itu pada
pelaksanaan pembelajaran dimulai kegiatan awal pembelajaran dengan
memberikan apersepsi serta motivasi kepada siswa terkait materi keterampilan
menulis cerita pendek guna memberikan stimulus awal pada siswa untuk
memunculkan respon siswa. selanjutnya yaitu inti pembelajaran, dimana guru
memberikan penjelasan tentang materi cerita pendek secara jelas dengan
memberikan contoh kepada siswa terkait karya tulis cerita pendek, kemudian
dilanjutkan dengan pemberian tugas disertai penerapan metode latihan terbimbing
terhadap siswa saat mengerjakan tugas menulis cerita pendek. kegiatan terakhir
yaitu kegiatan penutup, dimana guru memberikan kesimpulan meteri
pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. Adapun dari penerapan metode
latihan terbimbing yaitu dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk bisa menulis
cerita pendek, selain itu dalam penerapannya metode latihan terbimbing masih
terdapa kendala yang datangnya dari siswa. Hasil menulis cerita pendek siswa
telah melalui beberapa kali bimbingan serta pengoreksian oleh guru. Kemudian
guru melakukan penilaian hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil karya tulis
cerita pendek yang sudah dibuat oleh siswa
Tidak tersedia versi lain