Text
penggunaan model mind mapping dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci : Model Mind Mapping, Menulis, Teks Deskripsi.
Dalam proses pembelajaran, guru pada suatu mata pelajaran tertentu pasti
menggunakan metode pembelajaran untuk mempermudah tercapainya tujuan
pembelajaran. Melalui penggunaan suatu metode pembelajaran tertentu, guru
dapat mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dengan mudah serta lebih
menjamin kesuksesan pembelajaran,yang mana realitas yang terjadi dilapangan,
masih banyak guru yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak
efisien dan juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian
belajar anak didik yang minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan
inovasi metode pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa salah
satunya dengan menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penggunaan model
mind mapping dalam menulis teks deskriptif pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas VII MTs Alkhairat Tebbul Timur Pegantenan Pamekasan; kedua,
Apa saja kelebihan dan kekurangan guru dalam penggunaan model mind mapping
dalam menulis teks deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
MTs Al-khairat Tebbul Timur Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga
dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai
bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia
serta beberapa siswa kelas VII di MTs Al-Khairat. Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Model mind mapping
digunakan oleh guru Bahasa Bahasa Indonesia yang ada di MTs Al-Khairat Tebul
Timur Pegantenan Pamekasan, khususnya berkaitan dengan materi menyusun teks
deskriptif. Model ini menjadikan siswa semakin kreatif lagi serta membuat
mereka aktif mengikuti proses pembelajaran. Penerapan model mind mapping ini
dilaksanakan secara berkelompok dan mandiri. (2) Kekurangan dan kelebihan
guru menerapkan model mind mapping dalam pembelajaran menulis teks
deskriptif di MTs Al-Khairat Pamekasan yaitu, meningkatkan antusias belajar
siswa, Meningkatkan kreativitas dan juga kemampuannya dalam menuaikan ideide peserta didik, mempemudah siswa dalam memahami dan mengingat materi
pelajaran, relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan keaktifan
siswa. Adapun kekurangannya: keberagaman siswa menyebaban perbedaan
kemampuan, membutuhkan waktu yang relatif lama, minimnya media
pembelajaran yang dimiliki serta kurangnya kemandirian masing-masing siswa
Tidak tersedia versi lain