Text
Analisis Keterampilan Menyimak dan Berbicara dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Pamekasan
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara,
BahasaIndonesa
Keterampilan menyimak adalah keterampilan memahami bahasa lisan
yang bersifat reseptif. Sedangkan keterampilan berbicara kemampuan
mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan,
menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan. Keterampilan
menyimak dan keterampilan berbicara saling berkaitan untuk menciptakan
komunikasi yang baik dalam proses belajar mengajar. Di dalam kegiatan proses
belajar mengajar siswa dan guru harus bisasaling bertukar peran menjadi
penyimak dan pembicara, maka dengan demikian guru memiliki peran yang
penting untukbisa membangun keterampilan menyimak dan keterampilan
berbicara yang baik. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga tujuan dalam penelitian ini,
yaitu: (1) penerapan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicarapada
mata pelajaran bahasa Indonesi a pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap,
(2)Faktor yang mempengaruhi keterampilan menyimak dan keterampilan
berbicara, dan (3) Solusi apa yang bisa meningkatkan keterampilan menyimak dan
keterampilan berbicara.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data pada penelitian ini merupakan guru dan siswa di
SMPNegeri Satu Atap Pamekasan. Peneliti menggunakan prosedur pengumpulan
datamelalu iobservasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini dirumuskan dalam bentuk transkip wawancara, catatan
lapangan, dan hasil dokumentasi pelaksanaan penelitian.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah: Pertama,
dalampenerapan keterampilan menyimak guru menggunakan metode simak ulang
ucap,metode dikte, metode mendengarkan cerita dan metode merangkum
pembicaraan. Untuk keterampilan berbicaragurumenggunakan metode bercerita,
metodediskusi, dan metode ceramah. Kedua, faktor yang mempengaruhi
keterampilanmenyimak yaitu faktor konsentrasi dan faktor gangguan teman,
sedangkan factor yang mempengaruhi keterampilan berbicara adalah factor bahasa
dari daerahtempat tinggal dan faktor komunikasi yang terjalin masih terpengaruh
denganbahasa daerah tempat tinggal masing-masing. Ketiga, solusi dalam
meningkatkan keterampilan menyimak yaitu (1)menonton drama atau
tayanganfilm, (2)merangkum drama atau tayangan film tersebut, (3)siswa bias
bermain peran sesuai dengan drama. Kemudian solusi digunakanuntuk
meningkatkan keterampilan berbicara yaitu (1) memberikan kebebasan dalam
berkomunikasi, (2) memaparkan pendapat sesuai dengan kemampuannya, (3)
berkomunikasi dengan siswa berbeda daerah
Tidak tersedia versi lain