Text
Pemakaian Ragam Bahasa Gaul dalam Percakapan Sehari-hari Siswa SMAS Al-Muqri Prenduan Sumenep
Kata Kunci: Ragam Bahasa, Bahasa Gaul, Percakapan Siswa
Ragam bahasa gaul merupakan sebuah istilah atau ragam bahasa khas
yang digunakan oleh remaja. Perkembangan bahasa gaul semakin hari juga
semakin berkembang seiring dengan laju urbanisasi, perangkat komunikasi yang
semakin maju pula, dan pergeseran kebiasaan menggunakan bahasa yang
menyebabkan bahasa gaul menjadi bahasa yang banyak diminati oleh kaum
muda atau di lingkungan remaja, tetapi tak jarang bahasa gaul seakan menjadi liar
berkembang dalam masyarakat, dilihat dari segi pemakaiannya sekarang bahasa
gaul tidak hanya dipakai oleh kaum muda saja, namun juga sudah dipahami oleh
kalangan dewasa. Bahasa gaul juga bisa dikatakan sebagai bagasa khas remaja
yang secara kasat mata disetujui penggunaannya oleh kalangan remaja meskipun
tanpa adanya akad atau kesepakatan. Adanya pemakaian ragam bahasa gaul
dalam percakapan sehari-hari siswa di SMAS Al-Muqri tebilang sangat beragam,
hal ini dikarenakan kreatifitas siswa dalam menciptakan bentuk atau istilah ragam
bahasa gaul yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa fokus penelitian yang
dijadikan sebagai kajian pokok, pertama, Bagaiama bentuk dan makna ragam
bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari siswa SMAS Al-Muqri Prenduan
Sumenep?. Kedua, Bagaimana faktor yang mempengaruhi munculnya
penggunaan ragam bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari siswa SMAS AlMuqri?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik
simak bebas libat cakap, teknik sadap, rekam, dan catat serta dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah siswa SMAS Al-Muqri Prenduan Sumenep
yang menggunakan ragam bahasa gaul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 35 bentuk dan makna
ragam bahasa gaul yang digunakan oleh siswa dan terdapat 4 faktor yang
mempengaruhi penggunaan ragam bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari
siswa yakni: 1) Faktor media sosial sebanyak 13 data. 2) Faktor kedwibahasaan
sebanyak 4 data. 3) Faktor Pengaruh Lingkungan sebanyak 14 data, 4) Faktor
Anutan Berbahasa sebanyak 4 data
Tidak tersedia versi lain